Ilustrasi distro-distro linux.
Ilustrasi distro-distro linux.

Distro-distro Linux Terbaik untuk Hacking, Server dan Edukasi

Sistem Operasi Linux merupakan bagian tiga serangkai platform yang paling populer digunakan oleh perangkat desktop, besama Windows dan MacOS. Linux dapat dikenal sebagai sistem operasi yang paling unik di antara yang lainnya; mudah dikembangkan dan disesuaikan (selama Anda paham bagaimana sistem operasi ini bekerja).

Linux menyediakan ribuan distro yang dikembangkan oleh berbagai komunitas dengan berbagai tujuan penggunaan. Operasi sistem ini open source. Linux Core (kernel) dan berbagai distro yang tersedia sepenuhnya gratis (free). Inilah kelebihan Linux dibandingkan dengan Windows dan MacOS.

Saking banyaknya komunitas dengan berbagai variasi distro, Anda dapat memiliki distro sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menggunakan distro Linux dapat digunakan untuk desktop, laptop, workstation, server, A/V Editing, gaming, dan ada juga distro yang dapat berguna secara umum.

Anda dapat menginstall berbagai macam distro ini di Chromebook, perangkat desktop, atau Mac sebagai pengganti dari sistem operasi saat ini. Anda pun dapat menggunakan mode dual-boot –satu perangkat dengan dua sistem operasi, atau menggunakannya di dalam virtual machine seperti VirtualBox dan sejenisnya.

Terbaik tentu saja masih relatif. Terkadang ada distro Linux yang berjalan baik di salah satu perangkat, tapi bermasalah ketika dijalankan di perangkat lain. Maka dari itu, saya akan membahas satu per satu distro Linux terbaik dan populer pada kelompoknya masing-masing.

Berikut ini distro linux terbaik dan terpopuler yang dapat Anda coba untuk memaksimalkan performa perangkat Anda:

Pengguna Linux bukan hanya orang-orang profesional. Ada banyak pengguna baru yang ingin mencoba menggunakan Linux. Di antara berbagai macam distribusi Linux, di bawah ini distro yang cukup populer dicari akhir-akhir ini:

1. MX Linux

MX Linux merupakan distro open source yang dibangun menggunakan antiX dan MEPIS. Keduanya merupakan distro berbasis Debian. Distro ini didesain untuk menyediakan sistem operasi yang elegan dan efisien untuk bekerja. Distro ini dapat bekerja di dalam PC lama dengan spesifikasi yang maksimal.

MX Linux merupakan distro Linux kelas menengah yang sangat mudah untuk dikonfigurasi dan menawarkan user performa yang dapat diandalkan. Distro ini sangat mudah untuk dikembangkan dan digunakan, bahkan untuk pemula sekali pun.

Pengguna dapat langsung menginstall distro ini langsung dari USB. MX Linux juga mempunyai komunitas yang sewaktu-waktu dapat membantu Anda ketika menemui permasalahan atau ingin meminta saran.

Leave a Reply