Ilustrasi distro-distro linux.
Ilustrasi distro-distro linux.

Distro-distro Linux Terbaik untuk Hacking, Server dan Edukasi

3. Ubuntu Server

Pada bagian awal, kami sudah sedikit membahas mengenai Ubuntu untuk desktop. Di samping populer sebagai distro desktop, Ubuntu juga terkenal sebagai distro yang cukup kompetitif sebagai server.

Canonical, perusahaan pengembang Ubuntu sudah mengembangkan versi Ubuntu Server yang Long Time Support (LTS), sama seperti versi Ubuntu Desktop. Versi LTS mendukung sampai dengan lima tahun setelah rilis –waktu yang cukup panjang. Lama waktu dukungan ini membuat Anda lebih mudah menangani berbagai permasalahan server yang berulang. Canonical juga mengumumkan rilis Ubuntu Server sama dengan versi Ubuntu Desktop.

Saya menyarankan menggunakan Ubuntu bagi Anda yang masih baru dan ingin mencoba menggunakan Linux untuk server. Komunitas Ubuntu sudah cukup banyak di internet dan sudah banyak sekali topik yang dibahas. Jadi saat menemukan masalah pada saat proses pengembangan, Anda dapat dengan mencari solusinya di forum online.

Linux sudah sejak lama terkenal sebagai sistem operasi yang berguna sebagai tools hacking. Maka dari itu, pengembang mencoba mengembangkan Linux khusus yang berguna untuk hacking dan juga forensik. Ketika Anda menggunakan distro tersebut, Anda hanya tinggal memakainya saja karena sudah tersedia tools hacking dan forensik secara lengkap.

Daftar distro Linux terbaik untuk hacking dan forensik.

1. Kali Linux

Setelah ‘kematian’ backtrack –distro Linux terkenal pada masanya– munculah Kali Linux. Kali Linux saat ini terkenal sebagai ethical hacking dan penetration testing yang paling populer. Distro ini dikembangkan oleh Offensive Security mengambil beberapa komponen inti dari Backtrack.

Kali Linux merupakan pengembangan dari distro Debian. Di dalam distro ini terdapat sebagian besar penetration testing untuk keamanan dan forensik. Dengan menerapkan model rolling release, setiap tool yang ada di distro ini selalu dalam keadaan up-to-date.

Dibandingkan dengan beberapa distro hacking lain, Kali Linux merupakan penetration testing platform yang paling modern saat ini. Distro ini mendukung berbagai macam alat dan perangkat. Lebih jauh lagi, Kali Linux menyediakan dokumentasi yang sangat lengkap dan komunitas yang terus aktif hingga saat ini.

Leave a Reply