Jeno NCT Dream di sela olahraga bersepeda (twitter.com/NCTsmtown_DREAM/antaranews.com)
Jeno NCT Dream di sela olahraga bersepeda (twitter.com/NCTsmtown_DREAM/antaranews.com)

Pentingnya Posisi Tangan Saat Bersepeda

Penyebab dan pencegahan

Menurut Oryza, penyebab seseorang mengalami cyclist’s palsy saat atau setelah bersepeda bermacam-macam, salah satunya tekanan yang terlalu besar atau lama pada tangan, mengakibatkan tekanan pada saraf ulnaris atau terhambatnya aliran darah ke saraf tersebut.

Selain itu, posisi pergelangan tangan yang ekstensi (ketika pergelangan tangan mengarah ke atas dan keluar ke arah jam 12 bukan ke dalam yang seperti menggenggam), sehingga mengakibatkan regangan pada saraf.

Penyebab lainnya, kurangnya kekuatan otot inti (core muscle) dan kelelahan, yang mengakibatkan beban sebagian besar bertumpu pada tangan, penggunaan sarung tangan, atau bantalan yang tipis atau sudah rusak/aus.

Di sisi lain, tekanan ban sepeda terlalu tinggi, penggunaan ban yang kecil dan tipis yang menyebabkan timbulnya getaran berlebih pada tangan serta posisi duduk terlalu tinggi atau stang (handlebar) terlalu rendah sehingga beban tubuh banyak ditopang tangan juga bisa menjadi penyebab.

Oryza mengatakan, cyclist’s palsy biasanya muncul ketika bersepeda dalam jangka waktu lama. Misalnya ketika Anda bersepeda menuruni bukit, sebagian besar bobot tubuh akan ditopang oleh tangan dan menyebabkan adanya beban yang lebih tinggi di jari-jari tangan Anda.

Apabila gejala cyclist’s palsy berlanjut dan tidak ditangani, maka dapat menjadi kondisi yang permanen dan carpal tunnel syndrome. Oleh karena itu, penting sekali memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah ortopedi konsultan hand & microsurgery agar penanganan yang dilakukan dapat dilakukan sedini mungkin.

Tips hindari kena cyclist’s palsy

Agar aktivitas bersepeda menjadi lebih aman dan terhindar dari risiko cyclist’s palsy, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

1. Gunakan bantalan yang baik pada handlebar atau tangan. Anda juga dapat menggunakan gloves atau sarung tangan untuk melindungi tangan dari tekanan yang besar saat bersepeda. Semakin tebal sarung tangan Anda, maka akan semakin baik melindungi.

2. Sesuaikan posisi handlebar dengan tangan dalam posisi yang senyaman mungkin

Leave a Reply