Jeno NCT Dream di sela olahraga bersepeda (twitter.com/NCTsmtown_DREAM/antaranews.com)
Jeno NCT Dream di sela olahraga bersepeda (twitter.com/NCTsmtown_DREAM/antaranews.com)

Pentingnya Posisi Tangan Saat Bersepeda

3. Posisi pergelangan tangan sebaiknya lurus, tidak hiperekstensi

4. Apabila bersepeda jarak jauh atau durasi yang lama, cobalah ganti-ganti posisi tangan pada handlebar

5. Pastikan memilih ukuran sepatu yang tepat dan menyesuaikan posisi sadel dan handlebar demi mendapatkan posisi duduk yang baik

6. Jangan lupa menerapkan konsep VDJ saat bersepeda, yaitu: Ventilasi, Durasi, Jarak. Menjaga jarak saat bersepeda dapat mengurangi dampak penularan virus COVID-19 yang seandainya dimiliki oleh teman bersepeda Anda.

Olahraga bersepeda memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Apabila Anda melakukannya selama 30 menit setiap hari, Anda sudah dapat membantu menurunkan risiko penyakit metabolik, meningkatkan kreativitas dan daya ingat, serta menurunkan tingkat kecemasan dan depresi seiring dengan meningkatnya kadar hormon endorfin dalam tubuh.

Olahraga ini juga dapat membantu tubuh lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur, sehingga membantu mempertahankan berat badan. Hal senada juga diungkapkan pelatih triathlon sekaligus ahli fisiologi olahraga klinis, Marques Garcia.

Menurut dia, bersepeda walaupun tidak secepat saat berlari untuk membakar kalori bisa membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi tahun 2013 dan tinjauan penelitian tahun 2019 menemukan, bersepeda dalam ruangan, bila dikombinasikan dengan praktik makan sehat direkomendasikan untuk membantu orang menurunkan berat badan.

Bersepeda di pagi hari dapat membantu memastikan tubuh kita terpapar sinar matahari dan mendapatkan manfaat dari vitamin D. Tak heran dengan begitu banyak manfaat, bersepeda semakin digandrungi di masa sekarang.

Oryza mengingatkan, agar sesi bersepeda Anda semakin berdampak baik untuk tubuh, jangan lupa perhatikan posisi atau postur tubuh yang baik. Posisi tubuh yang baik ketika bersepeda juga menjadi hal penting ketika kita ingin terhindar dari cedera. | ANTARANEWS.com

Leave a Reply