Caroll JA Senduk pada Debat Calon Walikota Tomohon dalam tahapan Pilkada serentak 2020 yang diselenggarakan KPU Kota Tomohon, 07 November 2020.
Caroll JA Senduk pada Debat Calon Walikota Tomohon dalam tahapan Pilkada serentak 2020 yang diselenggarakan KPU Kota Tomohon, 07 November 2020.

Caroll: Tomohon Mulai Memasuki Usia Dewasa

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Tomohon adalah kota yang diberkati Tuhan. Dikaruniai alam dan udara yang sejuk. Kota Tomohon merupakan pemekaran dari Kabupaten Minahasa yang hingga saat ini secara otonom telah memasuki usia ke 18 tahun.

Hal ini dikemukakan Walikota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk pada pidato politiknya di depan Rapat Paripurna DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Tomohon, usai pelantikan dirinya sebagai Walikota Tomohon bersama Wenny Lumentut sebagai Wakil Walikota Tomohon Masa Bakti 2021-2024. Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon ini digelar di Auditorium Bukit Inspirasi (ABI) Tomohon, Jumat 26 Februari 2021.

Ibarat manusia, Caroll mengatakan, Kota Tomohon mulai memasuki usia dewasa dengan segala pertumbuhan dan perkembangannya menuju ke arah yang lebih baik. Posisi Kota Tomohon yang terletak di tengah-tengah antara Kota Manado sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), sebagai pusat pemerintahan dan pusat perekonomian Sulut, dengan daerah kabupaten/kota lainnya menjadikan Kota Tomohon, sebagai kota transit dan penyanggah bagi Kota Manado dan kabupaten/kota lainnya di Sulut.

“Karena itu, kedudukan Kota Tomohon sangat strategis untuk pengembangan ke depan sesuai dengan harapan dan cita-cita terbentuknya Kota Tomohon pada tahun 2003 yang lalu,” ungkapnya.

Lima Pasangan Kepala Daerah Dilantik

Kota Tomohon, Caroll menuturkan, sejak dahulu sudah dikenal karena alamnya yang indah dan sejuk, tanahnya yang subur, masyarakatnya yang ramah, dan julukan lainnya seperti Kota Relijius dan Kota Pendidikan. Semua itu menambah semangat dirinya bersama Wakil Walikota Tomohon, Wenny Lumentut, bertekad menjadikan Kota Tomohon lebih maju, berdaya saing dan sejahtera, sebagaimana visi CSWL (Caroll Senduk-Wenny Lumentut) pada Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak 2020.

“Sebagai umat percaya, kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena hanya perkenaannya sehingga proses pesta demokrasi tahun 2020 boleh terlaksana dengan baik. Saya (Caroll Joram Azarias Senduk) sebagai pribadi bersama bapak Wakil Walikota Tomohon, Wenny Lumentut mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersama-sama terlibat dalam proses kontestasi yang pada akhirnya memberikan kepercayaan mayoritas kepada kami untuk memimpin Kota Tomohon. Dan pada hari ini, kami sudah dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Kota Tomohon periode 2021–2024,” ucapnya.

Sinergikan program

Pembangunan di Kota Tomohon, Caroll melanjutkan, saatnya disinergikan dengan program pembangunan nasional dan Pemerintah Provinsi Sulut.

“Saatnya kita harus melangkah maju dengan penuh optimisme dan mengarahkan pandangan kita untuk menyongsong perubahan, sebagaimana yang selalu kami sampaikan ketika kampanye dengan visi misi dan berbagai program unggulan kami. Saya bersama bapak Wenny Lumentut, kami bertekad untuk melakukan perubahan-perubahan yang akan memberikan manfaat besar bagi seluruh masyarakat Kota Tomohon lewat program-program yang kami sampaikan kepada masyarakat selama masa kampanye yang lalu,” tegasnya.

Caroll Ajak Tanggalkan Perbedaan Semasa Pilkada

Kota Tomohon akan menjadi lebih hebat dan maju, Caroll mengatakan, dengan adanya sinergitas dan koordinasi dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan dukungan serta kerjasama dari semua perangkat pemerintahan sampai ke lingkungan-lingkungan, serta partisipasi dan dukungan aktif dari seluruh masyarakat Kota Tomohon.

“Keyakinan kita bersama dan dengan pertolongan Tuhan, pasti Kota Tomohon akan menjadi lebih hebat dan maju,” ujar Caroll yang merupakan Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Tomohon.

Walikota dan Wakil Walikota Tomohon sejak 2003-2021

Kedepan, Caroll menyatakan, dirinya bersama Wenny Lumentut akan memberdayakan program dan pelayanan yang berbasis lingkungan. Artinya pelayanan yang maksimal dan benar-benar melayani kebutuhan masyarakat dimulai dari tingkat lingkungan melalui peran kepala lingkungan (pala) dan wakil kepala lingkungan (meweteng) sebagai garda terdepan yang langsung berhubungan dengan masyarakat.

“Kami menyadari bahwa kehadiran kami adalah karena perkenanan Tuhan melalui dukungan dari mayoritas masyarakat Kota Tomohon dalam Pilkada 09 Desember 2020, lalu. Kami menyadari bahwa keberhasilan membangun daerah tidak hanya berasal dari keberhasilan pelaksanaan program pembangunan semata, akan tetapi sesungguhnya bagaimana dapat menyatukan dan menggerakkan seluruh potensi masyarakat sebagai anak bangsa untuk menjadi energi besar yang dapat mengatasi kekurangan, keterbatasan, bahkan ancaman sekalipun. Kami yakin dan percaya dengan pengalaman yang selama ini kami jalani di lingkungan legislatif yang banyak berhadapan dengan masyarakat karena sebagai wakil rakyat maupun mitra bagi pemerintah daerah, telah menjadikan kami semakin matang dan bijaksana dalam berpikir dan bertindak untuk kesejahteraan rakyat,” bebernya. | DORANG

Leave a Reply