Dua lelaki, masing-masing berinisial FRT alias Fred (58) dan RM alias Rom (26), Jumat 05 Maret 2021, ditangkap Tim URC Totosik Polres Tomohon. Rom ditangkap di kompleks bundaran Tugu Tololiu, Matani 3, Tomohon Tengah. Sedangkan Fred ditangkap di bilangan Kaaten, Matani 1.
Dua lelaki, masing-masing berinisial FRT alias Fred (58) dan RM alias Rom (26), Jumat 05 Maret 2021, ditangkap Tim URC Totosik Polres Tomohon. Rom ditangkap di kompleks bundaran Tugu Tololiu, Matani 3, Tomohon Tengah. Sedangkan Fred ditangkap di bilangan Kaaten, Matani 1.

Mengaku Orang Kepercayaan Kapolres Tomohon, Fred dan Rom Ditangkap Totosik

KRIMINALITAS

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik Kepolisian Resort (Polres) Tomohon, Jumat 05 Maret 2021, menangkap dua orang yang diduga mengatasnamakan Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tomohon untuk melakukan penipuan dan pemerasan. Kedua orang yang diamankan masing-masing berinisial FRT alias Fred (58), warga Jalan Merpati 2, Blok BP1/4 Bumi Dirgantara Permai Bekasi Kecamatan Jatiasih dan RM alias Rom (26), warga Lingkungan 3, Desa Paleloan, Kecamatan Tondano Selatan, Kabupaten Minahasa.

Keduanya ditangkap di bundaran Tugu Tololiu, Kelurahan Matani 3, Kecamatan Tomohon Tengah, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Penangkapan dilakukan Tim URC Totosik Polres Tomohon setelah mendapat informasi dari korban, Junia Tij Supit (51), warga Lingkungan 07, Kelurahan Taratara, Kecamatan Tomohon Barat. Kepada Tim Totosik, Junia menceritakan dirinya didatangi dua orang yang mengaku dari Kepolisian Resort (Polres) Tomohon dan merupakan orang kepercayaan dari Kapolres Tomohon. Mereka mengaku melakukan penyelidikan terkait situasi di Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Taratara, tempat Junia bekerja sebagai bidan.

Dua orang yang mengaku kepercayaan Kapolres Tomohon itu diduga lalu meminta uang sebesar Rp15 juta.

Aduan yang disampaikan Junia ini kemudian ditindaklanjuti Tim Totosik dengan mengatur rencana. Junia lalu diminta menghubungi kedua orang itu dan melakukan perjanjian untuk bertemu guna menyerahkan uang sesuai permintaan.

Junia menghubungi kedua pelaku. Keduanya mau bertemu, Sementara Tim Totosik menyebar di lokasi tempat pertemuan.

Sabar menunggu, lalu datang RM alias Rom dengan menggunakan kendaraan roda empat (mobil) merk xenia warna merah nomor polisi dB 1967 FB. Mobil diparkir di depan salah satu toko mebel. Korban kemudian mendekati mobil itu untuk memastikan yang datang adalah orang yang pernah ke rumahnya.

Setelah dipastikan, Junia lalu memberi isyarat kepada Tim Totosik. Tim Totosik yang telah menyebar di lokasi itu langsung bergerak melakukan penangkapan terhadap RM alias Rom.

Dari pengakuan Rom, masih ada satu rekannya yang menunggu di salah satu rumah makan nyang berada di Kaaten, Kelurahan Matani 1, Kecamatan Tomohon Tengah. Tim Totosik begerak melakukakn pengembangan menuju lokasi itu bersama Rom. Tim berhasil mengamankan FRT alias Fred di rumah pacarnya. Penangkapan dilakukan tanpa perlawanan. Rom dan Fred kemudian diserahkan ke Polres Tomohon untuk penyelidikan lebih lanjut.

Leave a Reply