Launching direct call perikanan dan komoditas pertanian Sulut ke Singapura, Senin 08 Maret 2021, di Bandara International Sam Ratulangi, Manado.
Launching direct call perikanan dan komoditas pertanian Sulut ke Singapura, Senin 08 Maret 2021, di Bandara International Sam Ratulangi, Manado.

Sulut Ekspor Perikanan ke Singapura

EKONOMI & BISNIS

MANADO, publikreport.com – Sebanyak 4,2 ton komoditas perikanan seperti tuna dan lobster serta komoditas pertanian hasil dari Sulawesi Utara (Sulut) diekspor langsung ke Singapura melalui Bandar Udara (Bandara) International Sam Ratulangi, Manado.

“Di tengah pandemi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut tak henti melakukan upaya membangkitkan perekonomian. Berbagai terobosan dilakukan termasuk direct call hasil perikanan Sulut ke Singapura ini,” kata Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulut, Steven OE Kandouw pada launching direct call hasil perikanan dari Manado ke Singapura di Bandara International Sam Ratulangi, Manado, Senin 08 Maret 2021.

Direct call perikanan ke Singapura ini terealisasi, menurut Steven, melalui ikhtiar semua pihak.

“Kita tidak boleh puas dengan capaian saat ini, karena masih banyak peluang dan market yang dapat disasar. Kiranya output dan outcame dapat dinikmati masyarakat Sulut,” ujarnya.

Kesungguhan para eksportir ikan yang telah mendukung pembukaan pasar baru untuk komoditas unggulan perikanan Sulut, sangat diapresiasi Steven.

“Terobosan direct call ke Singapura ini bukan main-main. Ibaratnya telah menabrak tembok untuk melewati sungai deras. Salut untuk para pejuang ekspor,” ucapnya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kasan mengatakan direct call perikanan Sulut ke Singapura ini dapat mempercepat pemulihan ekonomi karena merupakan komponen ekonomi yang menjadi andalan di tengah pandemi Covid-19.

“Ini langkah extra ordinary, karena untuk direct call bukan perkara mudah. Kolaborasi untuk ekspor Indonesia khususnya Sulut, menjadi bagian penting di tengah pandemi. Ekspor yang eksis saat ini adalah perikanan dan pertanian. Kami akan terus memberikan kemudahan dalam transaksi ekspor,” katanya.

Leave a Reply