Salah satu keindahan di Likupang, Kabupaten Minut, Provinsi Sulut. Likupang oleh pemerintah pusat ditetapkan menjadi destinasi pariwisata prioritas nasional.
Salah satu keindahan di Likupang, Kabupaten Minut, Provinsi Sulut. Likupang oleh pemerintah pusat ditetapkan menjadi destinasi pariwisata prioritas nasional.

Desa Wisata Akan Jadi Unggulan KEK Likupang

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparkraf)/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, desa wisata akan menjadi salah satu program unggulan dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provins Sulawesi Utara (Sulut).

“Pariwisata harus hadir untuk memberdayakan masyarakat. Dan desa wisata, program homestay yang kami pandu bersama teman-teman dari PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) adalah wujud nyata pemerintah hadir dalam membangkitkan ekonomi masyarakat,” ungkap Sandiaga dalam kunjungannya ke Desa Marinsow, Likupang, Sabtu 06 Maret 2021. Di desa ini telah berdiri puluhan homestay yang merupakan dukungan dari Kementerian PUPR.

Ke depan, Sandiaga mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkraf) akan melakukan pendampingan kepada para pemilik home stay agar dapat meningkatkan kapasitas dan pelayanan. Hal ini sebagai bentuk keberpihakan pemerintah kepada masyarakat di tengah rencana pengembangan KEK Pariwisata Likupang.

“Saya hari ini di Desa Wisata Marinsow mencanangkan bahwa desa wisata akan menjadi program unggulan dalam membangkitkan ekonomi masyarakat di Likupang,” tegasnya.

Bupati Kabupaten Minut, Joune Ganda, optimistis keberadaan homestay akan ikut menggerakkan ekonomi masyarakat terutama di Desa Wisata Marinsow dan sekitarnya, serta desa-desa lain yang sedang dikembangkan menjadi desa wisata.

“Kami berharap pandemi segera berakhir dan keberadaan homestay di sini benar-benar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” harap Joune.

Leave a Reply