Menparkraf, Sandiaga S Uno berbincang dengan warga dalam kunjungannya ke KEK Pariwisata Likupang, Kabupaten Minut, Provinsi Sulut, Sabtu 06 Maret 2021.
Menparkraf, Sandiaga S Uno berbincang dengan warga dalam kunjungannya ke KEK Pariwisata Likupang, Kabupaten Minut, Provinsi Sulut, Sabtu 06 Maret 2021.

Minut Bangun Sekolah Pariwisata

Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Joune Ganda mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minut saat ini sedang membangun sekolah kejuruan pariwisata. Dengan adanya sekolah ini akan menambah Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya Kabupaten Minut.

Tenaga pariwisata yang siap pakai. Dan tentunya akan mengantisipasi perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang,” kata Joune, Sabtu 06 Maret 2021, pada kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparkraf), Sandiaga S Uno ke KEK Pariwisata Likupang.

Apa yang telah menjadi program pemerintah pusat, Joune menyatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya.

“Kita menantikan kunjungan pak menteri berikutnya, bersama dukungan event-event dari Kemenparekraf yang akan dilakukan di sini. Sebagai Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, tentu kami menyambut baik dan mendukung sepenuhnya,” ucapnya.

Diketahui, KEK Likupang dibangun di lahan seluas 197,4 hektare. Pembangunan ini diharapkan menyerap tenaga kerja sebanyak 65.300 hingga tahun 2040.

Pengembangan KEK Likupang diprediksi meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulut sebesar 162 ribu pada 2025. Jumlah tersebut berkontribusi sekitar 16 persen dari target yang ditetapkan yaitu 1 juta wisatawan mancanegara pada 2025.

Project Development Head PT Minahasa Permai Resort Development (MPRD), Paquita Widjaya, menjelaskan dalam pengembangan KEK Likupang rencananya akan dibangun berbagai atraksi dan fasilitas yang dapat menarik kunjungan wisatawan. Mulai dari Marina Club, Waterpark, Sailing Club, Retail Area, Sport Arena, Desa Wisata, dan juga Wallace International Conservation Resort and Marine Park.

“Saya sangat menghargai kerja sama dari pemerintah, baik pusat maupun daerah, juga ada kerja sama dengan ITDC dan BUMN yang semakin erat. Saya sangat mengharapkan dukungan juga dari masyarakat sekitar Minahasa Utara dan Sulawesi Utara, semoga bisa jadi batu loncatan bagi Sulawesi Utara di mata dunia,” jelasnya.

Dalam pengembangannya, Paquita memastikan pihaknya akan melibatkan peran masyarakat dimana akan dihadirkan training academy di KEK Likupang.

“Kami ada kerja sama dengan Podomoro University untuk membantu sistem dan lain sebagainya, dan kami berharap justru putra-putra daerah yang tadinya bekerja di luar bisa jadi pengajar, mentor untuk masyarakat di sini. Mereka merupakan aset yang luar biasa sebetulnya, karena mereka sudah punya pengalaman dan mereka bisa membantu mengangkat sumber daya manusia yang ada di sekitar Minahasa supaya bisa menjadi bagian pembangunan kawasan ekonomi khusus ini,” paparnya. | DORANG

Leave a Reply