Ilustrasi.
Ilustrasi.

Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari?

Karburator Banjir

Bagi sahabat Garasi yang memiliki mobil dengan karburator biasanya mesin mobil susah hidup juga disebabkan oleh karburator yang banjir. Untuk cara mengatasinya harus membongkar karburator dan menyetel pelampungnya. Jika kesulitan bisa membawanya ke bengkel terdekat.

Water Temperature Sensor (WTS) Bermasalah

Nah khusus untuk mobil injeksi, penyebab mesin mobil susah hidup di pagi hari biasanya disebabkan oleh sensor WTS (Water temperature sensor) di bagian sistem injeksinya. WTS merupakan sebuah sensor suhu yang akan mendeteksi kondisi atau suhu mesin. Jika ini bermasalah maka akan mempengaruhi sistem injeksi pada mobil tersebut yang berujung mobil susah hidup.

Pompa Bensin Lemah

Penyebab lainnya mesin mobil susah hidup saat pagi hari adalah lemahnya komponen pompa bensin. Pompa bensin bertugas memompa bensin dari tangki menuju karburator. Jika pompa ini sudah lemah akibatnya aliran bensin tidak lancar sehingga menyebabkan mesin mobil sulit distarter. Jika pompa bensin sudah lemah atau bahkan mati, maka solusinya harus menggantinya. Namun ada sebuah trik untuk mengatasinya. Ketika kunci kontak pada posisi “on” namun pompa bensin tidak berbunyi berilah pukulan ringan beberapa kali. Biasanya pompa bensin akan hidup kembali.

Itulah beberapa penyebab mobil susah hidup saat pagi hari atau tidak bisa di starter. Masalah yang kerap terjadi adalah busi, karburator serta baterai. Maka periksa dulu ketiga komponen tersebut. Air radiator atau setelan udara dan bahan bakar pada karburator juga berpengaruh. | GARASI.id

Leave a Reply