Tim Resmob Polres Tomohon dipimpini Bripka Bima Pusung, Minggu 21 Maret 2021, malam, menangkap lelaki berinisial RA alias Onal (39), warga Jaga 2, Desa Pauwo, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, di depan Alfamart Desa Tambala, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulut.
Tim Resmob Polres Tomohon dipimpini Bripka Bima Pusung, Minggu 21 Maret 2021, malam, menangkap lelaki berinisial RA alias Onal (39), warga Jaga 2, Desa Pauwo, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, di depan Alfamart Desa Tambala, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulut.

Buruan Polsek Popayato, Ditangkap Tim Resmob Polres Tomohon

KRIMINALITAS

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Lelaki berinisial RA alias Onal (39), warga Jaga 2, Desa Pauwo, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Minggu 21 Maret 2021, sekitar pukul 23.45 WITA, ditangkap Tim Reserse Mobile (Resmob) Kepolisian Resort (Polres) Tomohon yang dipimpin Brigadir Kepala (Bripka) Bima Pusung.

“RA alias Onal ditangkap Tim Resmob Polres Tomohon di depan Alfamart Desa Tambala, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut),” ungkap personil Hubungan Masyarakat (Humas) Polres Tomohon, Ajun Inspektur Satu (Aiptu) Johny Rumagit.

Onal ditangkap, Johny menceritakan, setelah Tim Resmob Polres Tomohon mendapat informasi dari Kepolisian Sektor (Polsek) Pohuwato, Gorontalo, dimana salah satu terduga pelaku penipuan dan penggelapan di wilayah Popayato berada di Desa Tambala. Dari informasi dan permohonan bantuan Polsek Popayato, Tim Resmob Polres Tomohon kemudian bergerak ke Desa Tambala sebagaimana informasi. Dilakukan pengembangan dan pencarian hingga akhirnya Tim Resmob mendapat informasi apabila RA sedang berada di salah satu pesta pernikahan.

“Benar, RA berada di pesta itu. Tapi, karena situasi tidak memungkinkan untuk dilakukan penangkapan, Tim Resmob kemudian memantau pergerakan RA,” jelas Johny.

RA kemudian dengan menggunakan kendaraan bermotor roda empat meninggalkan lokasi pesta dan menuju arah Manado, dibuntuti Tim Resmob. Sekitar pukul 22.00 WITA, RA kembali ke Desa Tambala.

Sekitar pukul 23.45 WITA, Tim Resmob kemudian mengamankan RA di depan Alfamart Desa Tambala. RA kemudian diamankan ke Mapolres Tomohon, sambil menunggu jemputan dari Polsek Popayato.

Sebagaimana informasi dari Polsek Popayato, korban Jonli Budiman (35), warga Desa Telaga Biru, Kecamatan Popayato, Kabupaten Popayato, Provinsi Gorontalo melaporkan kasus ini ke Polsek Popayato. Pengaduan Jonli tertuang dalam Laporan Polisi Nomor: LP/12/III/2021/Sek-Ppyt, tanggal 18 Maret 2021. Dari laporan itu, selanjutnya dikeluarkan Surat Perintah Penangkapn Nomor: Sp. Kap/01/III/2021/Reskrim, tanggal 21 Maret 2021.

“Korban Jonli merasa keberatan, karena RA dan kawan-kawan sudah menarik kendaraan bermotor roda empat Calya DM 1030 DA miliknya. Padahal pelapor sebelumnya telah memberikan uang BBM sebesar Rp500 ribu kepada RA dan kawan-kawan. Sebelunya RA dan kawan-kawan meminta uang sebesar Rp2 juta, tapi hanya disanggupi Jonli sebesar Rp500 ribu,” jelas Johny mengutib penjelasan personil Polsek Popayato yang datang menjemput RA.

Karena Jonli sudah membuat pengaduan ke kepolisian, RA dan kawan-kawan berjanji akan memperlihatkan surat dari pengadilan sehubungan dengan penarikan kendaraan itu. Namun, hal itu diduga tidak pernah ditepati. Parahnya lagi, saat korban Jonli mengecek kendaraan miliknya di tempat (kantor) sesuai perjanjian dengan RA dan kawan-kawan, ternyata kendaraan itu tidak ada dilokasi. | ALFIAN TEDDY

Leave a Reply