Ilustrasi.
Ilustrasi.

Dua Bulan Pelaksanaan Pendataan Keluarga

MANADO, publikreport.com – Selama dua bulan, yakni terhitung 01 April-31 Mei 2021, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di seluruh Indonesia akan melakukan pendataan keluarga. Pendataan Keluarga ini, menurut Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), adalah kegiatan pengumpulan data-data terkait pembangunan keluarga, kependudukan, keluarga berencana dan anggota keluarga.

Pendataan keluarga dilakukan serentak setiap lima tahun sekali, dan pendataan tahun ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19 (Coronavirus Disease 2019).

“Pendataan keluarga di Sulut sudah dimulai. Keluarga Dondokambey-Tamuntuan sudah diwawancarai dan mengisi data lengkap,” kata Olly, Senin 05 April 2021.

Masyarakat Sulut, Olly berharap kiranya dapat berpartisipasi aktif dengan memberikan informasi yang akurat dan benar kepada petugas BKKBN.

“Mari sukseskan program pendataan keluarga tahun 2021,” ajak Olly.

Pendataan keluarga penting, Olly menjelaskan, karena hasilnya menjadi dasar kebijakan pemerintah, di mana BKKBN menargetkan program ini ke depan dapat mewujudkan Satu Data Keluarga Indonesia. Selain itu, pendataan dilakukan untuk basis data sebagai dasar bagi pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan keluarga.

“BKKBN melakukan pendataan keluarga sebagai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan, Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga,” jelasnya.

Di Kota Tomohon

Pendataan keluarga di Kota Tomohon dimulai Kamis 01 April 2021, diawali pada Keluarga Senduk-Karundeng, lalu Keluarga Lumentut-Sangi. Keluarga Senduk-Karundeng adalah keluarga dari Walikota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk. Sementara Keluarga Lumentut-Sangi adalah keluarga dari Wakil Walikota (Wawali) Tomohon, Wenny Lumentut.

Petugas pendataan dari Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Kota Tomohon melakukan validasi data sebagai dasar bagi pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan peningkatan dan pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

Leave a Reply