Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto saat meresmikan gedung baru Polnustar di Desa Taloarane 1, Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulut, Selasa 06 April 2021.
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto saat meresmikan gedung baru Polnustar di Desa Taloarane 1, Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulut, Selasa 06 April 2021.

Dirjen: Kita Tunggu Terobosan dari Polnustar

PENDIDIKAN

SANGIHE, publikreport.com – Gedung baru Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) yang berada di Desa Taloarane 1, Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menurut Direktur Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Wikan Sakarinto, kualitasnya sudah jauh lebih baik, walaupun berada daerah terluar dari Republik Indonesia (RI).

“Ini adalah wajah Indonesia yang akan melahirkan pemimpin-pemimpin Indonesia masa depan. Kita tunggu nanti bagaimana terobosan-terobosan dari kampus perbatasan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) ini,” kata Wikan saat meresmikan gedung baru Polnustar, Selasa 06 April 2021.

Politeknik yang tergolong muda ini, Wikan mengatakan, mampu menjadi salah satu pionir menjadi pemimpin untuk sinergitas kooperatif. Tidak hanya dengan sesama perguruan tinggi, tapi juga bagi semua elemen masyarakat yang ada di Kepulauan Sangihe, terlebih bagi bangsa dan negara Indonesia.

Polnustar, Wikan berharap, dapat menciptakan SDM (Sumber Daya Manusia) yang unggul dari Sangihe.

“Insya Allah ini akan menjadi legacy kita untuk Indonesia masa depan, yaitu pemimpin-pemimpin hebat Indonesia yang lahir dari Sangihe,” ucapnya.

Direktur Polnustar, Profesor Frans Gruber Ijong menjelaskan pemberian nama Polnustar pada lembaga pendidikan tinggi ini dimaksudkan guna mempertegas keberadaannya pada kawasan pulau-pulau kecil yang tersebar di wilayah perbatasan NKRI. Selain itu, dipilihnya nama tersebut juga untuk mengantisipasi berbagai bidang ilmu yang akan dikembangkan ke depan, khususnya berwawasan kebaharian yang merupakan ciri khas program pendidikannya.

Leave a Reply