Ilustrasi. (Istockphoto/demaerre/cnnindonesia.com)
Ilustrasi. (Istockphoto/demaerre/cnnindonesia.com)

Cara Kembali Tertidur saat Terbangun di Malam Hari

Mimpi buruk, kebelet pipis, atau suara-suara dari atap dapat membuat seseorang terbangun dari tidur. Terbangun di malam hari sering kali membuat seseorang susah tertidur lagi. Terdapat sejumlah cara tertidur kembali saat terbangun di malam hari.

Sejumlah tips dan trik berikut ini bisa dilakukan untuk tertidur lagi dengan mudah. Anda pun tak perlu khawatir kurang tidur keesokan harinya.

Berikut 7 cara tertidur kembali saat terbangun di malam hari.

1. Hilangkan pikiran-pikiran negatif

Hilangkan pikiran-pikiran yang muncul saat terbangun di malam hari. Jangan pula menyalahkan diri sendiri karena terbangun atau karena persoalan lain.

Pikiran-pikiran ini dapat menimbulkan kecemasan dan membuat sulit tidur. Tetap tenang dan coba untuk tertidur secara perlahan.

2. Hindari melihat jam

Jangan terus-terusan melihat jam. Melihat jam di malam hari membuat Anda menghitung waktu yang tersisa untuk tidur dan menimbulkan kecemasan tersendiri sehingga sulit tidur.

Jangan hiraukan waktu yang berjalan, fokus-lah untuk tertidur kembali.

3. Jangan lihat smartphone

Sebaiknya jangan menyalakan telepon, televisi, tablet, atau komputer saat terbangun di malam hari. Sinar dari layar dapat menyulitkan Anda untuk tertidur kembali.

4. Tarik napas dalam

Cobalah untuk menarik napas dalam-dalam. Pernapasan yang dalam dapat merilekskan tubuh dan meredakan ketegangan.

Menarik napas dalam dapat dilakukan dengan meletakkan tangan di atas perut, lalu tutup mata dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung dalam hitungan enam detik. Rasakan perut membuncit. Lalu buang napas perlahan dalam hitungan yang sama melalui mulut.

Leave a Reply