Dengan menggunakan alat pemotong besi, ratusan knalpot kendaraan bermotor roda dua dan empat dipotong. Pemusnahan barang bukti ini dilakukan, Senin 12 April 2021.
Dengan menggunakan alat pemotong besi, ratusan knalpot kendaraan bermotor roda dua dan empat dipotong. Pemusnahan barang bukti ini dilakukan, Senin 12 April 2021.

Ratusan Knalpot Dimusnahkan

HUKUM

BITUNG, publikreport.com – Barang bukti (babuk) berupa knalpot kendaraan bermotor hasil Operasi Gabungan Kepolisian Resort (Polres) Bitung dan jajaran serta TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, Senin 12 April 2021, dimusnahkan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bitung. Barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 240 knalpot yang terdiri dari 47 knalpot kendaraan bermotor roda empat (mobil) dan 193 knalpot kendaraan bermotor roda dua (sepeda motor).

Barang bukti dimusnahkan dengan cara dipotong menjadi beberapa bagian kecil.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Bitung, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Indra Permana menjelaskan, penggunaan knalpot bising pada kendaraan bermotor membahayakan kendaraan itu sendiri dan kendaraan lainnya, juga sangat mengganggu kenyamanan masyarakat. Dirinya berharap, penertiban dan pemusnahan knalpot bising yang dilakukan bisa menjadi efek jera bagi pengendara bermotor yang tidak patuh aturan.

“Terima kasih kepada Satlantas beserta seluruh pihak terkait yang begitu serius menangani permasalahan knalpot bising di Kota Bitung,” ucapnya.

Terkait penindakan berupa pemusnahan knalpot bising, ditambahkan Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Bitung, merupakan jawaban nyata ats keluhan masyarakat yang sudah resah dan terganggu kenyamanannya. Selain pemusnahan, Satlantas juga menilai kelayakan kendaraan bermotor. Menurutnya, ada delapan kendaraan bermotor yang terjaring operasi pada tahun 2020 dan sampai saat ini belum diambil.

“Saat ini sudah ada perwakilan komunitas kendaraan bermotor yang hadir untuk kami periksa. Jika memiliki kelengkapan baik surat maupun komponen pendukung akan ditempelkan sticker bertuliskan, Ngana pe Kendaraan Layak Jalan. Ngana Keren! (Kendaraanmu Layak Jalan. Kamu Keren!),” jelasnya. | RIO YANTO

Leave a Reply