Ilustrasi.
Ilustrasi.

Aman Berlibur Saat Pandemi

Di masa pademi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) ini, perasaan stres, bosan, maupun kesepian rasanya bukan lagi sesuatu yang asing. Jadi, wajar saja jika berlibur menjadi suatu kebutuhan. Namun, sebelum melakukannya, ada baiknya kamu baca dahulu informasi tentang tips aman berlibur saat pandemi berikut ini.

Sejak pemerintah menerapkan peraturan adaptasi kebiasaan baru, sebagian tempat wisata sudah boleh dikunjungi. Namun, Covid-19 masih mengancam. Vaksinasi terus dilakukan pemerintah.

Berlibur boleh saja, tapi harus yakin bisa menjalani protokol kesehatan sebaik mungkin. Ini tidak hanya untuk melindungimu, tapi juga masyarakat lain di sekitarmu.

Berikut empat tips untuk melindungi diri dan keluarga agar tetap bisa menikmati liburan di masa pandemi:

  1. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat

Sebelum memutuskan untuk berlibur, pastikan kamu dan anggota keluargamu dalam keadaan sehat. Saat sakit atau tidak dalam kondisi prima, daya tahan tubuh cenderung menurun. Hal ini bisa memudahkan berbagai penyebab penyakit, termasuk virus corona, masuk ke tubuh selama liburan.

Beberapa tujuan wisata, terutama yang berada di wilayah berbeda, mewajibkan kamu untuk melakukan rapid test sebelum berangkat. Bila perlu, kamu juga bisa melakukan tes PCR. Selain untuk memastikan kesehatan diri sendiri, kamu bisa melindungi orang lain yang akan bertemu denganmu di tempat wisata nanti.

  1. Pilih tempat yang tidak ramai

Virus corona lebih mudah menular di tempat yang tertutup dan padat orang. Oleh karena itu, pilihlah tempat berlibur yang luas, terbuka, dan tidak terlalu ramai, misalnya pantai atau kebun teh, supaya kamu bisa menerapkan physical distancing dengan mudah.

Bila ingin ke luar kota, sangat penting pula untuk memastikan tinggi atau rendahnya kasus penyebaran virus corona di tempat yang akan kamu kunjungi. Info mengenai ini bisa kamu dapatkan dengan mudah dari internet.

Selain itu, jika menginap di hotel, pastikan hotel tempatmu menginap sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Kamu bisa memastikan ini dengan melihat website mereka maupun dengan menelepon mereka langsung.

Leave a Reply