You are currently viewing Menko Perekonomian Diminta Percepat Pengembangan KEK Bitung dan Likupang

Menko Perekonomian Diminta Percepat Pengembangan KEK Bitung dan Likupang

MANADO, publikreport.com – Melalui video conference (vidcon), Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey meminta Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian agar mempercepat pengembangan dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yakni KEK Bitung dan KEK Likupang.

Pengembangan KEK Bitung, Olly mengatakan, pada umumnya sudah berjalan baik, namun karena situasi pandemi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) menyebabkan para investor menunda sementara waktu hingga keadaan kondusif. Mengenai kawasan industri yang ada di Bitung ini, dikatakannya pemanfaatannya akan lebih cepat apabila Menteri Perdagangan (Mendag) dan Menteri Perindustrian (Menperin) mengoptimalkan keberadaan Pelabuhan Bitung.

“Daya tarik investor yang mereka tanyakan kepada pemerintah daerah bagaimana transportasi yang ada di Sulut dan pemanfaatan Pelabuhan Bitung untuk kegiatan ekspor impornya,” ujarnya.

Sementara untuk KEK Likupang, Olly mengatakan, yang lebih aktif berkembang yang ada di sekitar KEK.

“Sarana dan prasarana yang ada disekitar KEK Likupang sudah berjalan dengan baik, termasuk infrastruktur yang dibangun pemerintah. Swasta beberapa sudah mulai masuk, tapi tidak masuk di KEK,” jelasnya.

“Saya kira perlu juga Pak Menko memfasilitasi ini. Karena para investor yang datang ke Likupang mereka melihat suatu potensi yang besar di sana,” sambungnya.

Selain itu, Olly juga mengharapkan fasilitasi dari Menko Perekonomian terhadap penyambungan pipa air bersih di KEK Likupang yang dibangun oleh Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat), namun memiliki kendala karena harus melewati tanah HGU (Hak Guna Usaha).

“Saya kira ini bisa difasilitasi sehingga anggaran pemerintah untuk menunjang KEK Likupang ini bisa berjalan dengan baik,” kata Olly.

Sedangkan mengenai jaringan listrik di daerah-daerah yang sedang bertumbuh, Olly mengungkapkan, agar bisa disuplai oleh kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Manusia).

“Kami mengharapkan kepada Kementerian ESDM untuk dapat mengalirkan jaringan listrik ke wilayah-wilayah yang akan bertumbuh belum ada,” harapnya.

Vidcon ini berlangsung dalam rapat koordinasi pembahasan dan evaluasi pembangunan dan pengelolaan KEK yang dipimpin Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Rabu 05 Mei 2021. Turut serta pada vidcon tersebut sejumlah kepala daerah, antaranya Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kalimantan Timur (Kaltim) Maluku Utara (Malut), Papua Barat dan Bupati Sorong selaku pengusul KEK Sorong.

Leave a Reply