Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey melakukan pengguntingan pita pada soft launching Rumah Sakit Mata Provinsi Sulut, Kamis 03 Juni 2021.
Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey melakukan pengguntingan pita pada soft launching Rumah Sakit Mata Provinsi Sulut, Kamis 03 Juni 2021.

Rumah Sakit Mata Sulut Beroperasi

MANADO, PUBLIKREPORTcom – Soft opening operasional pelayanan gedung Rumah Sakit (RS) Khusus Mata Provinsi Sulut, Kamis 03 Juni 2021, dilaksanakan.

Dengan adanya Rumah Sakit Mata ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Debby Kalalo mengatakan, diharapkan dapat melayani 200-250 pasien setiap hari. Karena sebelumnya hanya melayani 80-100 pasien.

“Dengan dibangunnya Rumah Sakit Mata ini maka dapat berkesinambungan memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. Tahap awal pelayanan disiapkan sampai sore, kedepan diharapkan dapat 1×24 jam, dan dari 7 jenis pelayanan akan berkembang menjadi 11 jenis pelayanan,” jelasnya.

Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey mengatakan, walaupun baru soft launching, tapi gedung sudah bisa dimanfaatkan.

“Jadi kalau mata kalian sudah rusak, langsung datang ke Rumah Sakit Mata ini. Yang penting ada Kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan), maka gratis. Untuk sekarang semua peralatan sudah sangat canggih. Tapi kedepan kita akan mengucurkan anggaran sebanyak Rp15 miliar untuk pengadaan alat-alatnya. Agar supaya kedepan lebih canggih alatnya, sesuai dengan tampilan gedung yang keren,” tuturnya.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang melakukan pelayanan di Rumah Sakit Mata Provinsi Sulut, Olly mengatakan, telah lengkap. Semua dokter spesialis masing-masing sudah ada sehingga Rumah Sakit Mata ini menjadi tempat rujukan.

“Lantai paling atas itu yang belum selesai, bakal menjadi ruang rawat inap. Tapi yang jelas, tahun ini bisa selesai semua. Jadi kesehatan dan pendidikan ini yang merupakan pelayanan dasar, menjadi hal yang sangat diperhatikan ODSK, dari periode pertama, sampai sekarang,” katanya.

Leave a Reply