Tanaman Temulawak.
Tanaman Temulawak.

Tentang Temulawak

Efek Samping

Selain memiliki manfaat, temulawak juga bisa menyebabkan efek samping. Secara umum, temulawak aman jika digunakan sebagai obat dalam waktu singkat, yaitu hingga maksimal sekitar 18 minggu. Namun, jika digunakan lebih dari itu, bahan alami ini juga bisa membawa berbagai efek samping, terutama iritasi perut dan mual.

Untuk itu, Anda juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi temulawak sebagai obat. Pasalnya, meski berasal dari bahan alami, tidak menutup kemungkinan bahwa temulawak bisa memberikan efek negatif untuk tubuh.

Selain itu, untuk Anda yang memiliki penyakit hati dan masalah empedu, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi bahan alami yang satu ini. Masalahnya, temulawak dapat meningkatkan produksi empedu yang akan memperburuk kondisi kesehatan Anda. Jika Anda memiliki batu empedu, berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi temulawak.

Jamu

Untuk mendapatkan manfaat temulawak, herbal yang satu ini biasanya diolah sebagai jamu atau minuman. Sekarang mungkin sudah tersedia beberapa temulawak kemasan yang praktis.

Namun, jika ada mau mencoba membuatnya sendiri, tak perlu bingung. Berikut berbagai resep jamu temulawak yang bisa Anda coba di rumah:

Resep 1

Bahan-bahan:

50 gr temulawak

20 gr asam kawak tanpa biji

25 gr kencur

10 gr jinten

100 ml air matang

100 gr gula aren

2 lembar daun pandan

1 liter air

Cara membuat:

Iris temulawak dan kencur, sangrai dalam wajan.

Campur temulawak, asam kawak, kencur, jinten, dan 100 ml air matang menggunakan blender, sisihkan.

Didihkan air dengan gula dan daun pandan hingga gula larut.

Campurkan campuran temulawak dengan rebusan air gula, aduk rata kemudian saring.

Sajikan dalam keadaan hangat atau dingin sesuai selera.

Leave a Reply