Pelantikan Sekdakot Tomohon, Jumat 23 Juli 2021. Pelantikan ini dirangkaikan dengan sertijab Sekdakot Tomohon dari Jemmy Ringkungan kepada Edwin Roring.
Pelantikan Sekdakot Tomohon, Jumat 23 Juli 2021. Pelantikan ini dirangkaikan dengan sertijab Sekdakot Tomohon dari Jemmy Ringkungan kepada Edwin Roring.

Edwin Jabat Sekdakot Tomohon

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Walikota Tomohon, Caroll Joram Azahrias Senduk, Jumat 23 Juli 2021, melantik Edwin Roring sebagai Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Tomohon. Pelantikan berlangsung di salah satu villa yang berada Kelurahan Kakaskasen 2, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dari informasi, pelantikan terhadap Edwin Roring sebagai Sekdakot Tomohon berdasarkan Surat Rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor: B-2265/KASN/6/2021 tertanggal 30 Juni 2021 tentang hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekdakot Tomohon dan Surat Keputusan (SK) Gubernur Provinsi Sulut Nomor: 800/21.4446/Sekr.BKD tertanggal 23 Juli 2021, tentang persetujuan pengangkatan dan pelantikan pejabat pada JPT Pratama Sekdakot Tomohon serta SK Walikota Tomohon Nomor: 821/BKPSDM/SK/VII/35/2021.

Pelantikan tersebut dirangkaikan dengan serah terima jabatan (sertijab) dari Penjabat (Pj) Sekdakot Tomohon, Jemmy Ringkuangan kepada Sekdakot (definitif), Edwin Roring. Jemmy Ringkuangan adalah pejabat di Kantor Gubernur Provinsi Sulut dengan jabatan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Sulut. Jemmy menjabat Pj SEkdakot Tomohon terhitung sejak 18 Februari 2021.

Edwin Roring merupakan putera Minahasa dari Desa Seretan, Kecamatan Lembean Timur. Edwin pernah menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kepulauan Sangihe.

Kepada Sekdakot Tomohon, Edwin Roring, Walikota Tomohon, Caroll JA Senduk berpesan agar penuh tanggung jawab dalam mengemban tugas.

“Sukses selalu,” ucapnya.

Pengangkatan pejabat dalam suatu jabatan, Caroll menjelaskan, merupakan bagian dari pengembangan karier Aparatur Sipil Negara (ASN) yang didasarkan pada aturan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Untuk diangkat dalam suatu jabatan, setiap ASN harus memiliki integeritas, profesional, netral, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat,” tegasnya.

Selain itu, Caroll melanjutkan, dapat menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Terkait pelantikan, Caroll menegaskan, merupakan bagian dari pembinaan karir Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Pengisian jabatan Sekdakot Tomohon telah melalui proses seleksi terbuka oleh panitia seleksi. Proses pelaksanaan seleksi telah dilaksanakan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Hasil seleksi telah disampaikan ke KASN dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan telah mendapat rekomendasi serta ijin untuk menetapkan dan melaksanakan pelantikan, pengambilan sumpah/janji pejabat Sekdakot Tomohon,” jelasnya.

Proses peningkatan kapasitas sumber daya aparatur di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, Caroll menekankan, mencakup berbagai aspek termasuk di dalamnya pembinaan karir PNS yang akan terus dipantau, dikaji dan dievaluasi secara berkesinambungan. Sehingga nantinya kualitas PNS yang akan ditempatkan dalam suatu jabatan baik JPT Pratama dan jabatan administrasi sesuai dengan kompetensi, keahlian, loyalitas dan dedikasi yang dimiliki. | DORANG

Leave a Reply