Ilustrasi SEO dan SEM serta SERP. (foto: pexels.com)
Ilustrasi SEO dan SEM serta SERP. (foto: pexels.com)

Apa Itu SEO?

Bagaimana Cara Kerjanya?

Search Engine Optimization (SEO) mengacu pada proses mengoptimalkan situs web, sehingga peringkatnya lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari ketika seseorang mencari kata kunci tertentu. Ini memberikan eksposur konten agar orang-orang tetap mengetahui merek bisnis website yang Anda punya/kelola.

SEO memiliki dampak besar pada lalu lintas situs web. Jika Anda ingin menerima banyak lalu lintas gratis, perlu menginvestasikan waktu dan usaha untuk SEO. Pada gilirannya, Anda akan dapat menarik lebih banyak pelanggan yang sudah menelusuri merek bisnis dan penawaran yang ditawarkan.

Ada ratusan elemen dan faktor yang mempengaruhi SEO, jadi tidak mungkin untuk membahas semuanya, bahkan dalam panduan SEO yang begitu panjang seperti yang Anda baca sekarang sebagaimana.

Mengapa SEO itu penting?

SEO penting karena membawa pengunjung situs web Anda menjadi benar-benar tertarik dengan apa yang ditawarkan. Ini adalah pengunjung yang sebenarnya mencari informasi tentang topik halaman di web Anda.

Tahukah Anda bahwa Google menerima sekitar 65.000 pencarian setiap detik? Artinya, semua pelanggan Anda saat ini dan calon pelanggan ada di Google. Dan Anda juga harus ada di sana.

Setiap hari semakin banyak transaksi dan pembelian yang dilakukan di Internet. Hal ini terutama berlaku pada tahun 2021, dalam konteks masa pandemi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019). Semakin banyak bisnis sekarang online dan terutama Google tempat pelanggan datang untuk mencari apa yang mereka butuhkan.

Apa perbedaan antara SEO dan SEM?

Search Engine Marketing (SEM) mengacu pada penggunaan strategi berbayar untuk mendapatkan visibilitas di mesin pencari. Ini berarti membayar untuk iklan yang muncul langsung di Search Engine Result Page (SERP) dan terlihat mirip dengan hasil pencarian organik.

Perbedaan terbesar antara SEM dan SEO adalah dengan SEM situs web Anda berhenti ditampilkan dihasil pencarian saat Anda berhenti membayar. Daftar organik, di sisi lain, gratis dan tidak hilang saat Anda berhenti melakukan SEO.

Di beberapa bisnis yang sangat kompetitif, SEM lebih masuk akal sementara di bisnis lain hanya SEO atau kombinasi keduanya.

SEM membawa hasil yang hampir seketika, sementara SEO membutuhkan banyak waktu dan kesabaran. Secara teknis keduanya dibayar (kecuali jika Anda melakukan SEO sendiri). Tetapi SEO-lah yang membawa hasil jangka panjang yang dapat bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dengan sedikit atau tanpa kerja ekstra.

Apa itu lalu lintas organik?

Lalu lintas organik adalah kunjungan ke situs web Anda yang berasal dari daftar organik di SERP atau halaman hasil mesin pencari. Kebalikan dari lalu lintas organik adalah lalu lintas berbayar yang berhubungan dengan kunjungan yang dihasilkan melalui iklan berbayar. Kunjungan berbayar berhenti saat Anda berhenti membayar, yang tidak terjadi pada kunjungan organik.

Mendapatkan lalu lintas organik ke situs web Anda adalah tujuan utama SEO dan metrik paling andal dari kesuksesan SEO Anda. Pengunjung organik biasanya merupakan pengunjung yang paling bertarget dan paling berharga yang bisa Anda dapatkan ke situs web Anda.

Apa itu SERP?

SERP merupakan halaman web yang ditampilkan kepada pengguna ketika mereka mengetikkan permintaan pencarian (kata kunci) ke dalam mesin pencari, seperti Google atau Bing.

SERPs berisi 10 hasil organik di halaman pertama, hasil sponsor (iklan) biasanya di atas, cuplikan unggulan (biasanya di atas hasil organik), dan elemen lain seperti peta, gambar, video, dan lainnya, tergantung pada jenis kueri.

Tujuan SEO adalah untuk membuat situs web Anda setinggi mungkin di halaman pertama hasil untuk kata kunci tertentu. Hanya tiga hasil pertama dari halaman pertama yang menerima lalu lintas organik yang berarti.

Di masa lalu, sekitar 15 tahun atau lebih, SERP dibuat dari 10 tautan biru. Anda mungkin memperhatikan bahwa ini tidak terjadi lagi. Coba ketik “Google pada tahun 1998” untuk melihat seperti apa SERP saat itu.

Leave a Reply