Ilustrasi SEO dan SEM serta SERP. (foto: pexels.com)
Ilustrasi SEO dan SEM serta SERP. (foto: pexels.com)

Apa Itu SEO?

Apa itu URL kanonik?

URL kanonik (juga disebut sebagai tag kanonik atau tautan kanonik) adalah URL halaman web yang merupakan versi utama atau “pilihan” dari konten tertentu.

Salah satu cara untuk membantu mesin pencari memilih satu URL di atas yang lain adalah dengan menggunakan elemen tautan kanonik. Namun, ini hanya hit dan Google masih dapat memilih URL lain sebagai kanonik jika dianggap lebih relevan.

Untuk memeriksa URL yang dipilih Google sebagai kanonik, Anda dapat menggunakan alat pemeriksaan URL di Google Search Console.

Apa itu tag meta?

Meta tag (juga disebut sebagai metadata) memberikan informasi tentang halaman web ke mesin pencari. Meta tag praktis tidak terlihat oleh pengguna dari tingkat halaman web karena mereka sebenarnya adalah potongan kecil kode.

Meta tag yang paling penting adalah meta title, meta description, meta robots, meta viewport dan meta charset.

Dalam kasus banyak situs web, pengoptimalan tag meta adalah kemenangan cepat dalam hal SEO.
Tag meta harus berisi kata kunci penting dan relevan.

Mesin pencari menggunakan informasi yang terkandung dalam meta tag untuk menampilkan halaman web di SERPs .

Meta tag juga membantu mesin pencari lebih memahami tentang halaman web. Konten meta tag yang berkualitas tinggi dan dapat diklik dapat membantu meningkatkan RKT halaman web.

Tag judul adalah elemen HTML yang memberi tahu pengguna dan perayap apa judul halaman Anda. Itu yang ditampilkan sebagai judul utama yang dapat diklik saat Anda mencari sesuatu di Google.

Tag judul penting untuk SEO dan klik-tayang, tetapi mereka lebih penting bagi pengguna Anda daripada perayap karena ketika mereka menempatkan tautan di posisi teratas, mereka memperhitungkan seluruh konten halaman. Sebaliknya, pengguna online mungkin akan memutuskan untuk mengklik setelah membaca judulnya.

Apa itu teks ALT?

Teks ALT (teks alternatif) adalah atribut HTML yang digunakan untuk menggambarkan tampilan dan konten gambar yang digunakan pada sebuah situs web.

Teks ALT penting baik bagi pengguna pembaca layar dan robot mesin pencari karena menyampaikan makna gambar.

Ingatlah bahwa teks ALT bukanlah tempat untuk memasukkan kata kunci Anda, tetapi untuk mendeskripsikan gambar.

Apa itu heading?

Judul membantu pengguna dan robot mesin pencari lebih memahami konten halaman web. Ada lima jenis heading (dari H1 hingga H5) dengan tag H1 menjadi yang paling penting.

Judul juga sangat berguna bagi pengguna pembaca layar.

Judul menentukan bagian yang berbeda dari halaman web dan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain. Mereka harus berisi kata kunci yang Anda optimalkan untuk halaman web tertentu.

Anda dapat memperlakukan judul sebagai bab dalam sebuah buku di mana halaman web adalah buku itu.

Apa itu teks jangkar?

Anchor text adalah konten (biasanya hanya beberapa kata) yang di-hyperlink ke halaman web lain. Anchor text idealnya harus relevan dengan topik halaman atau konten yang ditautkannya. Ini dapat diklik dan biasanya menonjol dari konten lainnya karena warnanya berbeda dan digaris bawahi, meskipun Anda dapat memilih untuk memadukannya dalam konten.

Ada berbagai jenis teks jangkar, termasuk sama persis, sebagian cocok dan umum. Teks jangkar yang relevan membantu pengguna dan perayap memahami bagaimana konten saat ini terhubung ke halaman web yang ditautkannya.

Apa itu data terstruktur?

Data terstruktur dalam konteks SEO hanya mengacu pada penyediaan informasi tentang halaman web atau konten di dalamnya dalam format tertentu, dalam hal ini Schema.org.

Data terstruktur tidak secara langsung meningkatkan peringkat tetapi beberapa di antaranya dapat memengaruhi tampilan halaman web di hasil penelusuran.

Dengan cara ini, data terstruktur membantu mesin telusur lebih memahami tentang halaman web dan topik atau judul lain yang terkait dengannya.

Berkat data terstruktur, laman web memenuhi syarat untuk hasil kaya, yang dapat meningkatkan daya tarik cuplikannya di SERP dan membuatnya lebih dapat diklik.

Leave a Reply