LInux Lite 5.6 berbasis Ubuntu.
LInux Lite 5.6 berbasis Ubuntu.

Pilih Mana Microsoft Windows 11 atau Linux Lite 5.6 berbasis Ubuntu

Windows 11 adalah sistem operasi yang hebat. Itu bahkan belum meninggalkan status beta, tetapi benar-benar sistem operasi desktop terbaik yang pernah dibuat Microsoft. Serius, ini luar biasa. Jika komputer Anda kompatibel dengannya, dan Anda menyukai Windows 10, Anda mungkin akan lebih menikmati Windows11 – jika Anda tetap berpikiran terbuka.

Soalnya, Windows 11 yang akan datang kemungkinan akan cukup terpolarisasi. Ini menampilkan perubahan radikal pada antarmuka pengguna (seperti bilah tugas terpusat) yang saya suka, tetapi pengguna lain pasti tidak menyukainya. Belum lagi, persyaratan sistem akan membuat banyak komputer yang masih mampu tidak dapat memutakhirkan. Lebih buruk lagi, Anda mungkin dibiarkan tanpa pembaruan! Pemilik komputer yang malang ini harus memutuskan apakah akan terus menggunakan Windows 10 atau membeli PC (portable computer) baru yang kompatibel dengan Windows 11.

Untungnya, ada opsi yang bisa dibilang lebih baik – cukup beralih ke Linux! Ya, sistem operasi modern berbasis Linux didukung dengan sangat baik dan sebagian besar akan berjalan dengan baik pada perangkat keras yang sudah tua (tidak seperti Windows 11). Linux Lite, yang menggunakan lingkungan desktop Xfce, adalah salah satu distribusi Linux terbaik untuk Windows-switcher, karena ringan, modern, dan familiar.

Linux Lite 5.6 final telah tersedia, dan berbasis Ubuntu 20.04.3. Sistem operasi menggunakan kernel Linux 5.4.0-81, tetapi kernel lain juga tersedia, mulai dari 3.13 hingga 5.14. Versi baru Linux Lite ini juga dilengkapi dengan beberapa paket perangkat lunak unggulan, seperti Firefox 91.0.1, Thunderbird 78.11.0, LibreOffice 6.4.7.2, VLC 3.0.9.2, dan GIMP 2.10.18.

“Rilis ini mencakup pembaruan pada Help Manual – panduan Linux Lite kami yang luas dan mudah diikuti, Anda sekarang dapat menginstal Linux Lite langsung dari Lite Welcome, tema ikon Papirus yang diperbarui, 2 fitur baru ditambahkan ke Lite Tweaks, pengenalan Model unduhan digital ‘Bayar apa yang Anda Inginkan’, 7 wallpaper baru, versi default Python sekarang disetel ke Python3, dan sejumlah perbaikan bug dan peningkatan untuk audiens target kami. Jika Anda berasal dari Windows, Anda akan menemukan ini sebagai rilis yang solid dan stabil yang akan membantu transisi Anda ke sistem operasi berbasis linux, ramah pengguna,” jelas para pengembang.

Pengembang membagikan masalah yang diketahui di bawah ini.

Tidak ada permintaan untuk mengeluarkan media di akhir penginstalan Legacy, prompt tersedia di akhir penginstalan UEFI.

Catatan Rilis – tidak berfungsi pada slide penginstal pertama.

Ikon desktop – hanya dukungan bahasa Inggris.

Grub – tekan tombol ESC saat boot dalam mode UEFI setelah BIOS Anda diposting. Gunakan tombol SHIFT jika menjalankan Linux Lite dalam mode Legacy.

Menu Grub menampilkan Linux Lite sebagai “Ubuntu.”

Jika Anda siap untuk mencoba Linux Lite 5.6, dapat mengunduhnya di sini sekarang. Haruskah Anda mengganti Windows dengan Linux Lite hari ini? Tidak, tidak segera — Anda harus mencobanya terlebih dahulu dan memastikannya sepenuhnya memenuhi kebutuhan Anda. Dengan itu, Anda mungkin akan sangat terkesan dengan kemampuan sistem operasi desktop berbasis Linux saat ini. | BETANEWScom

Leave a Reply