You are currently viewing Peran dan Nilai Guru Penggerak

Peran dan Nilai Guru Penggerak

PENDIDIKAN |

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikburistek) menggelar Pelatihan Calon Guru Penggerak (CGP) 2021. Calon Guru Penggerak Angkatan 3 Tahun 2021 ini, banyak mendapat tugas baik lisan dan tulisan serta praktek sesuai model yang telah ditetapkan.

Salah satu Calon Guru Penggerak (CGP) asal Kota Tomohon, Deity S Kilis SPd mengatakan, sebagai guru penggerak, dirinya harus memahami peran dan nilai-nilai seorang guru penggerak untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang berpusat pada siswa, serta dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

“Peran seorang guru penggerak, yaitu menjadi pemimpin pembelajaran, menjadi coach bagi teman guru, mendorong kolaborasi antar guru, menggerakkan komunitas praktis, serta mewujudkan kepemimpinan murid. Seorang guru penggerak harus mememiliki nilai-nilai seorang guru penggerak, yaitu mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif serta berpihak pada murid,” ucap Deity, guru di SD Inpres Kakaskasen Satu, Tomohon Utara.

Simak video singkat pemaparan Deity S Kilis SPd tentang Peran dan Nilai Guru Penggerak.

VIDEO 1

VIDEO 2

Itulah mengapa, Deity mengatakan, peran dan nilai-nilai seorang guru penggerak penting.

“Hal itu untuk menguatkan dan memotivasi saya dalam menjalankan peran sebagai guru,” kata Deity yang merupakan Guru Berprestasi (Guru Teladan) Nasional Tahun 2013. | VERONICA DSK

Leave a Reply