Ilustrasi.

Mengenal Meta

Nama Baru Facebook yang Fokus ke Metaverse

Cloud Hosting

TEKNOLOGI | SOCIAL MEDIA

Informasi ini diumumkan Chief Executive Officer (CEO( Facebook, Mark Zuckerberg dalam acara Connect 2021, 28 Oktober 2021. Penggantian nama ini adalah bagian dari langkah mereka menyongsong masa depan yang lebih fokus ke Metaverse.

Kenapa Facebook mengubah namanya? Apa makna dibalik nama Meta? Lantas, bagaimana kelangsungan platform Facebook yang ada saat ini?

Mark Zuckerberg menyatakan bahwa Facebook dikenal sebagai platform media sosial, dan hal tersebut sudah tidak mencerminkan visi perusahaan untuk masa mendatang.

“Kami adalah perusahaan yang melakukan lebih dari itu (sosial media). Kami merupakan perusahaan yang membangun teknologi untuk membantu setiap orang agar saling terhubung.”
Mark Zuckerberg - The Verge

Nama Meta dianggap lebih mencerminkan nilai-nilai perusahaan dan apa yang akan mereka bangun. Meta ingin lebih dari sekadar media sosial, tapi sebuah platform dengan layanan Metaverse.

Dengan perubahan dan visi tersebut, perusahaan Mark Zuckerberg ini akan punya dua divisi: divisi platform media sosial seperti yang sudah ada, dan divisi platform masa depan dengan pengalaman Metaverse.

Ada Apa Dibalik Nama Meta?

Meta berasal dari kata Metaverse yang merupakan gagasan dunia virtual tiga dimensi tempat orang bisa berinteraksi di ranah online secara real time.

Metaverse adalah gabungan dari beberapa elemen teknologi yang ada saat ini, seperti Virtual Reality dan Augmented Reality. Hasilnya, pengguna dapat berinteraksi satu sama lain secara lebih nyata.

Melalui laman resmi, Zuckerberg menjelaskan sebagai berikut:

“Hal yang membedakan Metaverse (dari teknologi serupa) adalah adanya perasaan kehadiran, seolah-olah Anda sedang bersama orang lain, atau berada di tempat lain… di Metaverse, Anda bisa melakukan hampir segala hal. Mulai dari berkumpul, bekerja, bermain, berbelanja, dan berkreasi dalam sebuah pengalaman yang benar-benar baru…”

Konsepnya adalah Anda akan masuk ke dunia Metaverse dan melakukan beragam aktivitas tak terbatas di dunia virtual.

Sebagai contoh, menggelar konser virtual. Dengan Metaverse, Anda bisa menghadiri konser artis favorit Anda di negara lain tanpa perlu jauh-jauh mengunjungi negara tersebut.

Dengan Metaverse, tak ada lagi kendala jarak sehingga produktivitas bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunaannya.

Hal ini sejalan dengan peran media sosial sekarang. Bedanya, metaverse adalah proyeksi dari interaksi sosial di masa depan.

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Leave a Reply