Jalan Tol Manado-Bitung. (foto: screenshot google maps)
Jalan Tol Manado-Bitung. (foto: screenshot google maps)

Jalan Tol di Sulut

Serta Jalan Tol lainnya di Indonesia |

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kini memiliki Jalan Tol Manado-Bitung. Jalan Tol ini sepanjang 39,85 Kilometer (km). Menurut Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), Jalan Tol Manado-Bitung, adalah Jalan Tol terpanjang di Pulau Sulawesi.

Jalan Tol Manado-Bitung terdiri dari 2 seksi. Seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Airmadidi, sepanjang 11 km dikerjakan Kementerian PUPR. Seksi 2 Airmadidi-Bitung sepanjang 28,85 km dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung yang terbagi Seksi 2A Airmadidi–Danowudu (15,35 km) dan Seksi 2B Danowudo–Bitung (13,5 km). Untuk Seksi 2 Airmadidi-Bitung sepanjang 28,85 km dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung yang terbagi Seksi 2A Airmadidi–Danowudu (15,35 km) dan Seksi 2B Danowudo–Bitung (13,5 km).

Ruas Tol Manado-Danowudu sepanjang 26 km diresmikan tahap pertama pada tahun 2020. Ruas Tol Manado-Danowudu sudah beroperasi, menyusul Seksi 2B ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,5km.

Jalan Tol Manado-Bitung disebut terintegrasi dengan kawasan industri dan pariwisata, misalnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, KEK Pariwisata Likupang dan Bandar Udara (Bandara) Samratulangi, Manado.

Manado-Amurang

Saat ini, pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut sedang menyiapkan pembangunan Jalan Tol Manado-Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Menurut Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey, usulan pembangunan Jalan Tol Manado-Amurang sudah disetujui pemerintah pusat.

Jalan Tol Manado-Amurang akan membentang diperkirakan sepanjang 74 km, dengan anggaran sekitar Rp7 triliun yang bersumber dari dana investasi. Jalan Tol ini akan melintasi beberapa daerah, seperti Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa.

Pemerintah berharap dengan adanya Jalan Tol akan lebih menggairahkan potensi ekonomi di sekitarnya, seperti industri perikanan, pertanian, perkebunan dan pariwisata. Selain mempersingkat waktu tempuh.

Leave a Reply