You are currently viewing Bolmong Indonesia Mini dari Utara
Kerukunan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), nampak dari rumah ibadah berbagai agama yang dibangun berdekatan.

Bolmong Indonesia Mini dari Utara

LOLAK, publikreport.com – Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) disebut-sebut sebagai miniatur Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena didiami oleh masyarakat dari latar belakang suku, bangsa dan agama yang berbeda. Sebagai Indonesia Mini, warga di tanah Totabuan ini hidup damai dan saling menghormati dalam beragam perbedaan.

Bolmong, menurut Marthen Tangkere, punya sedikit perbedaan dibanding 4 wilayah pemerintahan lain yang ada di Bumi Totabuan.

Penduduk disini berasal dari multi suku seperti Bolaang Mongondow, Minahasa, Bali, Jawa sampai Tiongkok. Dalam kesehariannya, mereka menerapkan tradisi dan budaya asalnya. Pemeluk agama Islam, Kristen, Hindu, Budha dan lain-lain menjalankan tata Ibadahnya secara bebas dan saling topang. Prosentasi jumlahnya tidak jauh berbeda,” kata Marthen saat berbincang dengan publikreport.com, Sabtu 07 Maret 2020.

Setiap ada momen hari besar agama tertentu, Marthen mengatakan, penganut agama lain melakukan perbantuan dan penjagaan. Misalnya, kalau hari Natal, akan ada back-up dari Ansor-Banser dari Muslim. Demikian juga kalau Lebaran, Galungan atau lainnya, otomatis ada suport dari komunitas agama lain.

Tak heran kita lihat ada orang dari agama lain yang ikut membantu bangun rumah ibadat agama lain,” ungkap Marthen politisi dari Partai Golkar (Golongan Karya) yang kini duduk sebagai wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bolmong.

BACA JUGA: Tou Tombulu Ini Menjadi Wakil Rakyat 4 Periode di Totabuan

Leave a Reply