You are currently viewing BPBD Diminta Aktif Informasikan Peringatan Dini Cuaca Ekstrim

BPBD Diminta Aktif Informasikan Peringatan Dini Cuaca Ekstrim

JAKARTA, publikreport.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di seluruh Indonesia untuk aktif menginformasikan peringatan dini cuaca ekstrim kepada masyarakat. Melalui peringatan dini tersebut diharapkan warga dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

BACA JUGA: BNPB Imbau Masyarakat yang Tinggal di DAS Waspada

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo, tidak terlepas dari hasil analisis BMKG mengenai kondisi dinamika atmosfer terkini. Dimana laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, hari ini, Minggu 05 Januari 2020, menunjukkan bahwa potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia masih terjadi untuk sepekan ke depan.

BACA JUGA: BMKG: Sepekan ke Depan, Sulut dan Sekitarnya Berpotensi Mengalami Bencana Alam

Semua pihak diimbau untuk waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi cuaca ekstrim sepekan ke depan. BNPB mengimbau masyarakat agar waspada dan siap-siap apabila terjadi bencana banjir, longsor dan puting beliung. Amankan dokumen-dokumen penting, siapkan tas siaga bencana yang dapat dibawa secara cepat. Isi tas siaga bencana dapat berupa makanan, minuman, pakaian, senter, peluit, radio, obat-obatan, dan lain sebagainya sesuai keperluan,” imbau Agus Wibowo.

BACA JUGA: Tiga Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Sangihe

Warga dan komponen terkait, Agus berharap juga dapat bergotong royong membersihkan saluran air di rumah dan lingkungan, buang sampah pada tempatnya, pangkas pohon yang terlalu rimbun dan tanam pohon. | DORANG

Leave a Reply