Ilustrasi. Bunga Krisan.
Ilustrasi. Bunga Krisan.

Bunga yang dapat Dikonsumsi dan Khasiatnya

Bunga yang dapat dimakan ada dua jenis. Beberapa bunga yang dapat dimakan ini sangat penting untuk dihidangkan. Beberapa digunakan untuk tambahan rasa atau tambahan warna dalam makanan yang dihidangkan. Mengkonsumsi bunga merupakan hal yang tidak biasa karena begitu banyak jenis bunga termasuk daun dan batang yang dapat dimakan. Seperti , bumbu pelengkap, banyak bunga dapat digunakan dengan minuman dan dengan beberapa jenis makanan yang berbeda seperti salad, sup, dan makanan pembuka.

Bunga apa saja itu?

Bunga Chrysanthemum/Seruni:

Di negara seperti Jepang dan Korea, bunga juga dijadikan hidangan. Di Jepang, bunga krisan diolah dengan tepung tempura dan kemudian digoreng. Negara Korea dalam makanannya juga menggunakan bunga mentah yang dicampur dengan makanan mereka.

Khasiat: Untuk memperlancar proses pencernaan dan juga sistem pembuangan. Jenis ini berkhasiat membantu gangguan yang terjadi pada usus.

BACA JUGA: 15 Bunga Terindah

Frambozen/Rosella :

Dulu kelopak Rosella dikenal sebagai frambozen yang digunakan sebagai bahan pembuat sirup berwarna merah yang beraroma khas. Sekarang ini, kelopak Rosella dikenal sebagai bahan minuman dan disebut teh Rosella. Tanaman yang masih kerabat bunga sepatu ini banyak ditemukan sebagai tanaman pagar.

Khasiat: Kadar antioksidan yang tinggi pada kelopak Rosella dapat menghambat radikal bebas. Beberapa penyakit kronis yang ditemui saat ini banyak yang disebabkan oleh radikal bebas yang berlebihan. Di antaranya kerusakan ginjal, diabetes, jantung koroner, hingga kanker

Kelopak bunga tanaman tersebut berwarna merah tua, tebal, dan berair. Semakin pekat warna merah, rasanya kian asam dengan khasiat yang juga semakin besar. Teh rosella dapat dibuat dengan cara berikut. Ambil tiga hingga empat kuntum bunga rosella segar, cuci bersih, kemudian seduh dengan air panas secukupnya (satu cangkir).

Leave a Reply