You are currently viewing Bupati Warning Para Kapitalaung
Pada rapat evaluasi yang dihadiri para pimpinan perangkat daerah, camat dan kapitalaung di gedung serbaguna Papahunung Tampungang Lawo, Rabu 18 Desember 2019, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana mengingatkan tentang wajibnya menggunakan sistem keuangan desa (siskeudes) dalam mengelola Dana Desa (Dandes) dan membuat laporan pertanggungjawaban (LPj).

Bupati Warning Para Kapitalaung

TAHUNA, publikreport.com – Bupat Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana memberikan peringatan keras kepada para kapitalaung (kepala desa) yang tidak menggunakan sistem keuangan desa (siskeudes) dalam mengelola Dana Desa (Dandes) maupun penyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPj). Desa yang tidak menggunakan siskeudes, menurutnya rentan pelanggaran keuangan, bahkan terindikasi bermasalah dalam pengelolaan administrasi keuangannya.

Jika ada kapitalaung yang tidak mau menggunakan sistem ini, jangan kaget tiba-tiba sudah ada panggilan dari kejaksanaan,” tegas Jabes para rapat evaluasi yang dihadiri para pimpinan perangkat daerah, camat dan kapitalaung di gedung serbaguna Papahunung Tampungang Lawo, Rabu 18 Desember 2019.

Tahun 2020, seluruh kapitalaung diwajibkan menggungkan siskeudes dalam membuat LPj Dana Desa,” pesannya.

Kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DinPMD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes meminta, selaku instansi teknis untuk lebih proaktif mensosialisasikan tentang fungsi dari siskeudes.

“Kepala DinPMD harus lebih proaktif dengan mekakukan berbagai cara agar para kapitalaung dapat menggunakan siskeudes dalam membuat LPj penggunaan Dandes. Kalau ada kapitalaung yang menolak menggunakan sistim ini, segera dibuat rekomendasi kepada pihak kejaksaan untuk dilakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan. Karena sudah pasti ada hal yang tidak beres dalam pengelolaan Dandes oleh oknum kapitalauang itu,” ujarnya.

Kepala DinPMD Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jefry Gaghana mengakui, saat ini baru sekitar 30 lebih desa di Sangihe yang menggunakan siskeudes. Dirinya berjanji dan memastikan tahun 2020 seluruh seluruh desa sudah menggunakan siskeudes.

“Saya sudah memberi peringatan keras kepada desa-desa agar menggunakan siskeudes. Bila ada desa yang tidak mengindahkan, saya akan minta Inspektorat melakukan pemeriksaan khusus terhadap desa itu,” tegasnya. | VEBE

Leave a Reply