Calon Pengantin Harus Tahu Ini
Ilustrasi.

Calon Pengantin Harus Tahu Ini

AIRMADIDI, publikreport.com – Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Meyvi Johana Tuegeh menjelaskan, untuk memulai suatu hubungan dalam rumah tangga, pasangan calon pengantin harus mengenali kesehatan diri dari tingkat kesuburan hingga alat reproduksi.

“Intinya untuk mempersiapkan wanita sebelum hamil secara fisik dan mental agar melahirkan dengan sehat, bukan stanting,” jelas Meyvi pada kepada wartawan disela kegiatan orientasi komunikasi, informasi dan edukasi kesehatan reproduksi calon pengantin bagi petugas kesehatan, Kamis 05 Desember 2019 di Sutanraja Hotel.

Hadir sebagai peserta dalam bimbingan teknis (bimtek) ini, Meyvi mengatakan, adalah bidan koordinator, juru imunisasi dan petugas promosi kesehatan dari 11 Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) yang ada di Minut. Serta menghadirkan pemateri Anita Baganu selaku Penanggung Jawab Program Kesehatan Reproduksi Dinkes Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Tujuan pelaksanaan kegiatan, menurut Meyvi, untuk meningkatkan pemahaman dan persamaan persepsi penyuluh pernikahan dalam komunikasi, informasi dan edukasi kesehatan reproduksi bagi calon pengantin dan selanjutnya dapat diimplementasikan di wilayah kerja masing-masing, sehingga nantinya dapat memotivasi calon pengantin untuk memeriksakan kesehatannya ke fasilitas pelayanan kesehatan.

Dalam kegiatan ini, dipaparkan materi-materi yang disampaikan oleh narasumber yaitu kebijakan pelayanan kesehatan reproduksi bagi calon pengantin, alur pelayanan pernikahan calon pengantin, alur pelayanan kesehatan reproduksi dan pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin. Juga disampaikan materi tentang pengetahuan kesehatan reproduksi, pengetahuan tentang kehamilan, penyakit yang perlu diwaspadai pada calon pengantin dan kesehatan jiwa calon pengantin,” tambahnya. | GLENLY B