Cara Cerdas Mengatur Keuangan Setelah Menikah
Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Cara Cerdas Mengatur Keuangan Setelah Menikah

Setelah menikah, Anda dan pasangan harus segera menyesuaikan pandangan soal uang agar bisa mencapai tujuan keuangan yang diinginkan. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda dan pasangan perhatikan untuk masalah keuangan, seperti dikutip dari The Balance.

  1. Bangun tujuan finansial yang sama

Begitu pasangan menikah, ada rasa tanggung jawab finansial terhadap pasangannya. Entah istri Anda bekerja atau tidak, punya anak atau tidak, memiliki pandangan yang sama soal membelanjakan dana dengan pasangan Anda sangat penting.

Cobalah menetapkan anggaran yang realistis dan sesuai untuk Anda berdua. Pastikan memasukkan anggaran seperti menabung untuk masa pensiun, melunasi utang, serta biaya hidup sehari-hari, dan bahkan uang belanja ekstra. Terlepas dari tujuannya, memiliki prioritas finansial yang sama akan mencegah kebingungan, bahkan mungkin membuat satu pasangan mengeluarkan uang terlalu banyak dan secara tidak sengaja menyabotase tujuan bersama.

  1. Belajarlah soal finansial dalam rumah tangga

Banyak perubahan saat Anda menikah. Mulai dari mengurus tabungan, investasi, aset, asuransi jiwa, hingga masa pensiun mungkin tampak rumit. Namun, ini bagian besar dari proses peralihan dari satu pola pikir orang yang sudah menikah.

Tinggalkan Balasan