Ilustrasi.
Ilustrasi.

Cara Hemat Bahan Bakar Saat Berlibur dengan Mobil Pribadi

Kendaraan pribadi masih menjadi pilihan transportasi untuk memenuhi kebutuhan liburan singkat daripada transportasi umum. Sebab menggunakan mobil pribadi lebih nyaman selama dalam perjalanan.

Berwisata mengendarai mobil pribadi juga lebih fleksibel dalam mengatur waktu di samping mengatur biaya pengeluaran contohnya biaya bahan bakar. Untuk itu ada baiknya melakukan beberapa hal supaya perjalanan menggunakan mobil pribadi tetap hemat bahan bakar.

Servis

Servis mesin secara rutin dapat menjaga performa mesin yang berujung pada meningkatkan efisiensi bahan bakar. Saat itu juga bisa mengetahui masalah kendaraan yang serius, seperti kerusakan sensor oksigen, mampu meningkatkan jarak tempuh hingga 40 persen. Selain itu, jangan mengabaikan indikator pengecekan mesin (check engine light) apabila indikator tersebut menyala.

Pompa Ban

Ban mobil yang terisi angin dengan baik mampu meningkatkan jarak tempuh bahan bakar hingga 3,3 persen. Hal tersebut juga meningkatkan keamanan serta usia penggunaan ban.

Ban yang memiliki tekanan udara di bawah rata-rata dapat menurunkan efisiensi bahan bakar sebesar 0,3 persen untuk setiap penurunan sebesar satu pon per-inci persegi dari setiap tekanan udara yang terdapat di empat ban. Jangan bergantung pada sistem pemantauan tekanan ban untuk mendeteksi ban yang kurang dipompa, sebaiknya periksa ban dengan pengukur tepat setidaknya sebulan sekali.

Bersihkan Filter Udara

Saringan udara mobil yang penuh kotoran membuat mesin bekerja lebih keras dan dapat membuat kotoran masuk ke ruang bakar. Dengan mengganti filter yang kotor dapat menghemat bahan bakar hingga 14 persen.

Leave a Reply