Ilustrasi
Ilustrasi

Cara Ini Bikin Kamar Mandi Bebas Bau Tak Sedap

KAMAR mandi merupakan salah satu ruangan yang paling penting bagi sebuah hunian. Bagaimana tidak? Ruangan ini merupakan tempat untuk menjaga kebersihan tubuh dan juga rumah.

Bahkan untuk rumah minimalis atau rumah berukuran mungil, kamar mandi bukan hanya digunakan untuk mandi tapi juga mencuci—sehingga kamar mandi wajib bersih agar bebas kuman. Lalu, bagaimana agar kamar mandi selalu bersih dan wangi? Berikut tipsnya!

  1. Sortir barang di kamar mandi

Biasanya Anda sering malas melakukannya, nih. Barang yang sudah lama di kamar mandi dibiarkan begitu saja. Ingat, setiap toiletries ada kedaluarsanya.

Singkirkan alat mandi yang sudah lama, dan hanya simpan toiletries yang masih digunakan, serta sesuaikan jumlahnya. Misal, jika keluarga ada 3 tiga orang, berarti hanya ada 3 sikat gigi.

  1. Bersihkan wadah penyimpan

Ini juga sering dilupakan. Bersihkan tempat sabun, terutama bagian bawah dan dalamnya karena sering sisa sabun menempel di dalamnya. Lalu, bersihkan wadah sikat gigi serta kepala sikat agar tetap higienis.

Sisa sabun yang lembap dan menempel di wadah akan menjadi sarang bakteri, sehingga Anda wajib membersihkannya setiap minggu.

  1. Rapikan kabinet

Kabinet atau lemari di bawah wastafel harus Anda cek kondisinya maksimal setiap dua minggu. Pastikan tidak ada rembesan air dari wastafel dan bersihkan lemari dari barang-barang yang umurnya sudah lebih dari setahun.

Masukkan jel silika atau kapur barus ke dalam lemari untuk menghindari lembap dan aroma tak sedap.

Leave a Reply