You are currently viewing Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Meningkatkan kepercayaan diri dapat membantu kamu menjalani kehidupan yang lebih berkualitas. Percaya diri sangat penting untuk aktivitas sehari-hari maupun profesional. Jika kamu memiliki rasa percaya diri, kamu lebih dapat melakukan segala sesuatunya sesuai dengan potensi dan punya keinginan untuk melakukan terbaik meski di bawah tekanan.

Memiliki rasa percaya diri juga dapat meningkatkan sikap lebih positif. Bagaimana cara mudah meningkatkan rasa percaya diri? Berikut ulasan lengkapnya!

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Psychology Today, memiliki rasa percaya diri yang rendah cenderung membuat seseorang untuk selalu mengkhawatirkan kesalahan dulu dan ketakutan akan mengulanginya.

Perenungan yang berlebihan mengenai hal ini akan membuat kamu menarik diri dari kemungkinan-kemungkinan positif di masa sekarang dan masa depan. Lantas, bagaimana cara membangun rasa percaya diri?

1. Dimulai dari Sikap Berdiri atau Duduk

Ada efek positif dari postur berdiri maupun duduk yang kamu lakukan. Jika kamu berdiri dan duduk dengan tegap, secara tidak langsung tubuh mengirimkan sinyal positif ke seluruh sel-sel tubuh.

Postur tubuh mengirimkan pesan ke otak yang benar-benar dapat mengubah perasaan. Jadi, jika kamu ingin merasa lebih kuat, duduklah dengan tegak, tersenyum, atau berdiri dalam “pose kekuatan”, dan pesan itu akan dikirim ke otak.

2. Mindfulness

Mindfulness terbukti memiliki manfaat yang signifikan untuk kesehatan fisik dan psikologis. Kamu dapat melatih perhatian penuh kapan dan di mana saja. kamu dapat mencobanya sekarang dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

– Sadar akan kesadaran diri dengan cara mengamati diri sendiri dan lingkungan.

– Mulailah dengan sensasi tubuh, rasakan kaki dan kaki, perut dan dada, lengan, leher, serta kepala.

– Perhatikan napas mengalir masuk dan keluar serta sensasi natural yang kerap tidak kamu sadari.

Leave a Reply