You are currently viewing Cara Menyambung Uang Kertas yang Sobek
Ilustrasi.

Cara Menyambung Uang Kertas yang Sobek

Cara menyambung uang kertas sobek susah-susah gampang. Diperlukan kehati-hatian khusus agar hasil rapi. Dengan begitu, uang tetap laku sebagai alat tukar. Baik penjual, pembeli, pemberi dan penerima utang, ataupun pengguna lain mau menerima.

Salah satu cara menyambung uang paling disarankan ialah menggunakan selotip. Tentu saja selotip/solasi/isolasi mata satu (bukan double tape) yang transparan. Ukuran lebar satu sentimeter. Bukan isolasi berwarna apalagi lakban hitam berukuran besar.

Lalu, bagaimana bila tidak punya isolasi? Kita bisa menggunakan benda lain. Contohnya lem, stapler, putih telur mentah, dan butiran nasi matang. Berikut uangindonesia.com jelaskan tutorial lengkapnya sampai uang dapat dipakai kembali.

Penyebab uang robek hingga perlu disambung

Solusi uang sobek paling banyak dilakukan orang yaitu disambung. Entah sobek sedikit (masih terhubung dengan bagian lain) ataupun hingga lepas (terpotong/terbelah). Tidak hanya menjadi dua, kadang sampai beberapa bagian. Agar tidak menyebar dan hilang maka antarbagian perlu disambung.

Penyebab uang kertas rusak seperti di atas bermacam-macam. Bisa sengaja ataupun tidak. Misal, buat pelampiasan marah. Tentu saja ini dilarang. Pelakunya dapat dipenjara dan didenda. Meski begitu, biasanya cuma ancaman. Beda dengan pemalsu uang yang benar-benar dihukum.

Sedangkan penyebab uang sobek secara tidak sengaja misal uang memang sudah lawas. Sehingga penggunaan hati-hati pun dapat merusaknya. Atau bisa juga menimpa uang baru. Saat dikeluarkan dari amplop, bukanya dengan cara ujung amplop disobek, uang di dalamnya ikut tersobek.

Apapun penyebabnya, uang sobek masih laku untuk transaksi (jika tidak laku tinggal ditukar di bank). Apalagi jika baru dan kondisi sebenarnya masih layak pakai. Namun biasanya, harus perbaiki dengan cara disambung terlebih dahulu. Itupun harus rapi agar orang lain mau menerima.

Dari sekian banyak cara, di antaranya yaitu sebagai berikut:

Leave a Reply