Cara Rawat Rem Tangan Mobil
Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)

Cara Rawat Rem Tangan Mobil

Rem parkir atau rem tangan sesuai namanya berfungsi untuk mengunci rem saat sedang parkir. Perangkat yang bisa berwujud tuas, pedal, atau tombol ini juga punya fungsi vital saat darurat rem blong, meski demikian ada banyak pengguna yang belum memahami seluk beluk dan cara merawatnya.

Secara umum dua jenis rem tangan yang populer, yakni model mekanis berbentuk tuas dan elektronik. Pada jenis tuas umumnya menggunakan kabel yang terkoneksi dengan rem di roda, cara menggunakannya yaitu menarik tuas.

Pada jenis elektronik yang sudah banyak digunakan pada mobil-mobil modern, cara kerjanya serupa tuas namun semuanya menggunakan sistem elektrik sehingga hanya perlu menekan tombol.

Jangan Gunakan Sampai Berhari-hari

Jika parkir di rumah untuk waktu lama misalnya sampai berhari-hari seperti pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), disarankan Anda tidak menggunakan rem tangan. Rem tangan yang dibiarkan aktif terlalu lama akan membuat masalah pada cairan rem dan cakram berpotensi lengket sehingga rentan mengalami kerusakan.

Cara yang benar parkir sampai berhari-hari, untuk mobil transmisi manual, yakni mengganjal semua roda dengan kayu atau batu agar mobil tidak bergeser. Sedangkan buat mobil transmisi otomatis cukup pindahkan tuas transmisi ke posisi P (parking).

Satu hal yang perlu diingat sebelum parkir, pastikan permukaan lokasi parkir rata. Hindari parkir di permukaan yang miring, seperti tanjakan dan turunan, atau tinggi sebelah sebab akan membuat rem cepat aus karena menahan beban terlalu lama.

Istirahatkan Rem Tangan

Bila keaadaan tak memungkinkan untuk parkir tanpa rem tangan, ada baiknya komponen ini sesekali diistirahatkan. Caranya cukup mudah yaitu lepaskan rem tangan saat memanaskan mesin, saat itu dilakukan bisa menggunakan pedal rem untuk menjaga mobil tidak geser.

Mengutip Seva.id, cara itu membantu mengurangi potensi penyumbatan di selang rem dan penggumpalan cairan rem.

Tinggalkan Balasan