Jabes Ezar Gaghana, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe.
Jabes Ezar Gaghana, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Masyarakat Sangihe Bakal Diberi Gaji Harian

SANGIHE, publikreport.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bakal memberi gaji harian kepada warganya yang terlibat dalam kegiatan padat karya. Pemberian gaji sehubungan dengan dampak Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang terus menggerogoti kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.

Kegiatan padat karya yang dimaksud, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana menjelaskan, meliputi sektor pertanian khususnya untuk ketahanan pangan. Sumber dananya dibiayai dari program Dana Desa (Dandes). Adapun alasan mengapa perlu gaji harian bagi warga yang terlibat padat karya, menurut Jabes, karena saat ini dampak Virus Corona telah melumpuhkan berbagai sektor usaha. Bahkan memaksa pemerintah menghentikan kegiatan proyek, yang notabene sangat berdampak pada penghasilan masyarakat, termasuk keluar masuk orang dibatasi dan diawasi gerak geriknya.

Jadi kalau ada masyarakat yang membuka lahan atau ada yang mencangkul maupun menggarap tanah pertanian, mereka akan digaji setiap hari sesuai dengan kesepakatan masing-masing kampung yang mengelola dana desa,” jelasnya.

Menariknya, warga yang terlibat padat karya tak hanya berlaku bagi mereka yang menjadi pekerja harian pada lahan pertanian orang lain, tapi pemilik lahan sendiri juga turut diberi gaji jika ia terlibat langsung melakukan penggarapan atau melakukan penanaman hasil pertanian.

BACA JUGA: Perjalanan Dinas Dilarang, Pemkab Sangihe Hemat Anggaran Miliaran Rupiah
BACA JUGA: Sulut Masuk Tahap I Program PKT 2020

Leave a Reply