You are currently viewing Desa Marinsow, Minut, Pertahankan Budaya Tulude
Momen perayaan adat Tulude di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat 31 Januari 2020.

Desa Marinsow, Minut, Pertahankan Budaya Tulude

AIRMADIDI, publikreport.com Untuk menjaga dan melestarikan adat budaya Nusa Utara (Sangihe, Talaud, Sitaro), Pemerintah Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat 31 Januari 2020, melaksanakan pesta adat Tulude yang dihadiri oleh ratusan warga etnis Nusa Utara di desa itu.

Uapacara adat Tulude ini digelar, menurut Hukum Tua (Kumtua) Desa Marinsow, Gabriel Tamasengge, menjadi pesta budaya yang dilaksanakan setiap awal tahun untuk menolak bencana.

“Tulude atau tolak tahun. Artinya kami tidak menolak tahun yang dijalani sekarang ini, tapi menolak kejahatan yang terjadi tahun kemarin dan membawa kebaikan tahun kemarin agar terus terjadi sepanjang tahun ini,” jelasnya.

Dalam pesta budaya ini dijalankan 4 kue Tamo dari beras ketan yang dihiasi oleh hasil pertanian warga. Kue Tamo ini diarak keliling desa. Dirangkaikan dengan atraksi budaya kolaborasia tarian kawasaran dan tarian salo. Tarian ampa wayer khusus anak-anak dan tarian gunde ikut memeriahkan pesta adat itu.

BACA JUGA: 31 Januari, Tulude Hanya di Sangihe

BACA JUGA: Miliki Tulude, Wagub: Warga Nusa Utara Harus Bangga

BACA JUGA: Tulude Jadi Modal Pemkab Sangihe

BACA JUGA: Warga Diminta Lestarikan Tulude

Kue tamu menandakan tiga jaga dan satu dari Bamukis. Pesta adat kali ini juga ada atraksi gabungan antara kawasaran dan salo. Ini menandakan jika Minahasa dan Nusa Utara merupakan saudara,” terangnya.

Tradisi adat ini, Gabriel menegaskan, akan terus dipertahanan desa tersebut. Apalagi Desa Marinsow merupakan pintu masuk ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Pulisan.

“Budaya ini tidak akan lepas dalam suku Sangihe Talaud sehingga harus dipertahankan. Budaya ini juga akan menarik wisatawan ke KEK Pariwisata,” tambahnya. | GLENLY B

Leave a Reply