Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey, Minggu 17 Desember 2017 menghadiri perayaan Natal Kawanua Amerika di New Jersey Amerika Serikat.
Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey, Minggu 17 Desember 2017 menghadiri perayaan Natal Kawanua Amerika di New Jersey Amerika Serikat.

Di AS, Olly: Banjir Siklus 4-5 Tahunan

MANADO, publikreport.com – Banjir yang terjadi di Manado, menurut Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey merupakan siklus 4-5 tahunan. Ancaman banjir ini telah diperkirakan sebelumnya.

Demikian penjelasan Olly tentang banjir yang terjadi di Manado, pada perayaan Natal Kawanua Amerika di New Jersey Amerika Serikat, Minggu 17 Desember 2017.

Oleh karena itu, Olly mengimbau masyarakat untuk selalu memelihara lingkungan termasuk tidak membuang sampah sembarangan. Warga yang selama selama ini tinggal di bantaran sungai juga diimbau untuk pindah ke lokasi yang aman.

BACA JUGA: Komo Luar, Banjer dan Perkamil Daerah Terparah Dihantam Banjir

“Sambil membenahi infrastruktur, pemerintah mengimbau masyarakat yang tinggal dibantaran sungai untuk mencari lokasi tempat tinggal baru yang aman. Karena jika tinggal di bantaran sungai pasti limbah dan pembuangan lainnya akan dilakukan di sungai,” ujarnya.

BACA JUGA: Nona Teringat Banjir Beberapa Waktu Lalu

Tak lupa Olly menyentil tentang pembangunan water front city guna mewujudkan pola hidup sehat untuk masyarakat yang tinggal di dekat sungai.

“Bukan hal yang mudah. Karena bukan hanya masyarakat sebagai obyek yang dituntut. Tetapi pemerintah juga sebagai subjek harus serius untuk mengerjaknnya. Kita semua harus bersama-sama berkomitmen untuk keamanan dan kenyamanan bersama,” tegasnya. | RIZAL M

Leave a Reply