PUBLIKREPORT.com

Di Rumah Saja, Lakukan Hal-hal Ini Selama Pandemi Covid-19

INGINI ARTIKEL DIBACAKAN: https://publikreport.com

Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terus meluas. Hampir seluruh negara di dunia kini tengah melawan virus asal Wuhan, China itu. Hingga saat ini pun vaksin untuk menangkal Covid-19 belum kunjung ditemukan. Orang-orang pun diminta untuk tinggal di rumah saja.

Tentu hal ini tak mudah bagi masing-masing orang. Beberapa orang memiliki hak istimewa untuk bisa bekerja dari rumha, tapi beberapa lainnya tidak. Masa yang diliputi kecemasan ini mungkin juga berperan dalam kesehatan mental dan tubuh Anda.

Oleh sebab itu simak cara perawatan diri agar tetap sehat kala di rumah saja, berikut tipsnya dilansir Merdeka.com dariEveryday Health:

Prioritaskan Tidur

Dalam hal menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda, tidur selalu menjadi bagian dari jawabannya. Kualitas tidur yang baik dan memadai menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap bekerja sebaik mungkin untuk melawan infeksi seperti yang disebabkan oleh Virus Corona baru.

Memang, ada bagian dari respon imun tubuh yang terjadi hanya saat tidur. Para ilmuwan tahu bahwa tidur juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengendalikan stres, karena kurang tidur dapat membuat kita lebih peka terhadap efek stres, meningkatkan reaksi (atau reaksi berlebihan) kita terhadap stresor.

Akhirnya, otak membutuhkan tidur agar berfungsi. Kurang tidur dapat membuat Anda kurang sabar dan fokus, dan lebih murung, mudah marah, dan emosional.

Hindari Mengemil Tanpa Tujuan

Apakah Anda sekarang menghabiskan hari-hari dengan setumpuk makanan ringan? Daripada memaksakan aturan ketat pada apa yang boleh dan tidak boleh dimakan, cobalah makan secara intuitif.

Ini bukan diet, melainkan cara makan, itu semua tentang memberi tubuh Anda apa yang dibutuhkannya saja. Makan secara intuitif tidak membatasi makanan tertentu atau membuat Anda menghitung kalori.

Ini adalah praktik di mana Anda mendengarkan tubuh Anda dan memperhatikan apa yang Anda butuhkan saat ini. Apakah Anda membutuhkan makanan berat atau makanan ringan?

Anda makan ketika Anda merasa lapar, dan Anda berhenti makan ketika Anda merasa kenyang.

Jangkau Makanan Ringan Protein Tinggi Saat Anda Membutuhkan Peningkatan Energi

Apa yang harus Anda tanyakan saat Anda merasa lapar? Pertahankan konsumsi makanan berprotein tinggi untuk membantu Anda sampai di akhir daftar tugas yang harus dilakukan hari itu. Protein membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan menghindari jatuhnya energi yang mungkin Anda alami. Makanlah telur rebus, kacang, yogurt Yunani, dan sayuran.

Jaga Makanan Penghilang Stres di Tangan

Ya, Anda membacanya dengan benar. Makanan tertentu sebenarnya dapat memiliki efek menurunkan stres.

Pikirkan: makanan hangat dan menenangkan (seperti sup atau teh) dan ikan berlemak (omega-3 dapat memperbaiki suasana hati).

Alpukat dikemas dengan vitamin C dan B6, yang dikenal untuk membantu mengurangi stres. Cokelat hitam kaya akan antioksidan, yang bagus untuk mengatasi stres (nikmati sedikit saja, karena ini adalah makanan padat kalori).

Makanan bermanfaat lainnya yaitu gandum,pisang, jeruk, air, dan sayuran hijau.

Berlatih Kebaikan dan Rasa Syukur

Studi klinis telah menemukan bahwa orang-orang yang secara teratur berlatih membuat jurnal ucapan syukur (sebenarnya menuliskan apa yang Anda syukuri) melaporkan kesejahteraan yang lebih baik, kesehatan fisik, dan meningkatnya optimisme tentang masa depan.

Mempraktikkan kebaikan kadang-kadang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan (terutama ketika kita berada di tempat yang memang penuh dengan kehidupan yang keras), tetapi ingat bahwa setiap orang sedang mengalami masa sulit sekarang.

Ambil Beberapa Menit untuk Berlatih Pernapasan Diafragma

Tenang dan melakukan pernapasan yang terukur dapat memiliki efek langsung pada kondisi mental dan fisik Anda, apakah ketegangan itu berasal dari siklus berita tanpa henti atau teman serumah Anda yang selalu mengganggu.

Lakukan latihan pernapasan Anda secara teratur untuk memulai atau mengakhiri hari Anda dengan cara yang positif, atau cobalah di saat Anda membutuhkan sedikit lebih banyak zen.

Meditasi Sendiri

Anda tidak memerlukan peralatan atau ruang khusus untuk yang ini, Anda dapat melakukannya kapan saja, di mana saja. Meditasi adalah berpikir secara mendalam atau memfokuskan pikiran Anda untuk jangka waktu tertentu.

Manfaatnya: Meditasi dapat membantu mengurangi stres, meredakan gejala depresi dan kecemasan, dan mengatur pemikiran negatif.

Cobalah Bersantai dengan Musik

Matikan TV dan nyalakan beberapa nada yang meningkatkan mood.Terapi musik menggunakan musik untuk membantu orang mengatasi kebutuhan fisik atau emosional, menurut University of Minnesota. Dan telah dibuktikan dapat mengurangi gejala pada orang dengan masalah mood, seperti kecemasan dandepresi.

Gunakan Media Sosial dengan Penuh Perhatian

Media sosial dan alat virtual lainnya memungkinkan Anda terhubung dengan teman dan keluarga bahkan ketika Anda terpisah. Tetapi mereka juga dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan jika dan ketika penggunaannya menjadi berlebihan atau memakan waktu Anda.

Bagaimana Anda bisa memastikan Anda menggunakannya dengan bijak? Semakin pribadi interaksi media sosial Anda, semakin baik, kata para pakar (pikirkan orang-orang yang mengirim pesan langsung daripada menggulir tanpa pikiran).

Gunakan alat-alat ini dengan sengaja. Selektif tentang siapa yang Anda ikuti dan aplikasi apa yang Anda gunakan. Dan luangkan waktu untuk memutuskan sambungan. Jika Anda merasa terisolasi, sesekali menelepon teman atau anggota keluarga daripada membuat status atau komentar di Facebook.

Hindari Konsumsi Berita Nonstop

Penting untuk selalu mendapat informasi dan waspada terhadap pembaruan penting di wilayah Anda, terutama yang memengaruhi kesehatan Anda. Tetapi orang tidak perlu mendengarkan peringatan dan berita utama yang sama berulang kali.

Khususnya selama waktu-waktu ketika berita dapat mengecewakan,para ahli merekomendasikan untuk membatasi konsumsi berita menjadi dua atau tiga sumber sehari untuk mengatasi kecemasan yang mungkin ditimbulkannya, dan memeriksa pada waktu yang telah ditentukan (tidak terus menerus) sepanjang hari untuk pembaruan.

Pertimbangkan menjadikan salah satu sumber Anda sebagai sumber berita lokal. Dan jika Anda bisa, hindari memeriksa berita utama sebelum tidur.

Dapatkan Kreativitas Anda Dengan Buku Mewarnai dan Terapi Seni Lainnya

Mewarnai (atau segala upaya kreatif dan artistik, seperti menggambar, melukis, atau merajut) bisa membuat santai bagi banyak orang. Bagi sebagian orang, ini adalah kesempatan untuk menghilangkan gangguan dan fokus pada satu hal pada satu waktu.

Bagi yang lain, ini merupakan jalan keluar untuk mengekspresikan emosi yang mereka rasakan (mungkin Anda melukis dengan warna-warna cerah dan cerah karena Anda mengalami perasaan yang kuat). Jangan meremehkan kekuatan seni untuk membantu Anda mengatasinya! OTOSIA.com

BACA JUGA: Tips agar Anak Betah di Rumah Selama Social Distancing/Physical Distancing

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Data Covid-19 di Tomohon

Read Next

Pandemi Covid-19, Gubernur: Jangan Menyerah

Leave a Reply