You are currently viewing Di Rumah Saja, Lakukan Hal-hal Ini Selama Pandemi Covid-19
Ilustrasi di rumah saja.

Di Rumah Saja, Lakukan Hal-hal Ini Selama Pandemi Covid-19

Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terus meluas. Hampir seluruh negara di dunia kini tengah melawan virus asal Wuhan, China itu. Hingga saat ini pun vaksin untuk menangkal Covid-19 belum kunjung ditemukan. Orang-orang pun diminta untuk tinggal di rumah saja.

Tentu hal ini tak mudah bagi masing-masing orang. Beberapa orang memiliki hak istimewa untuk bisa bekerja dari rumha, tapi beberapa lainnya tidak. Masa yang diliputi kecemasan ini mungkin juga berperan dalam kesehatan mental dan tubuh Anda.

Oleh sebab itu simak cara perawatan diri agar tetap sehat kala di rumah saja, berikut tipsnya dilansir Merdeka.com dariEveryday Health:

Prioritaskan Tidur

Dalam hal menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda, tidur selalu menjadi bagian dari jawabannya. Kualitas tidur yang baik dan memadai menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap bekerja sebaik mungkin untuk melawan infeksi seperti yang disebabkan oleh Virus Corona baru.

Memang, ada bagian dari respon imun tubuh yang terjadi hanya saat tidur. Para ilmuwan tahu bahwa tidur juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengendalikan stres, karena kurang tidur dapat membuat kita lebih peka terhadap efek stres, meningkatkan reaksi (atau reaksi berlebihan) kita terhadap stresor.

Akhirnya, otak membutuhkan tidur agar berfungsi. Kurang tidur dapat membuat Anda kurang sabar dan fokus, dan lebih murung, mudah marah, dan emosional.

Hindari Mengemil Tanpa Tujuan

Apakah Anda sekarang menghabiskan hari-hari dengan setumpuk makanan ringan? Daripada memaksakan aturan ketat pada apa yang boleh dan tidak boleh dimakan, cobalah makan secara intuitif.

Ini bukan diet, melainkan cara makan, itu semua tentang memberi tubuh Anda apa yang dibutuhkannya saja. Makan secara intuitif tidak membatasi makanan tertentu atau membuat Anda menghitung kalori.

Ini adalah praktik di mana Anda mendengarkan tubuh Anda dan memperhatikan apa yang Anda butuhkan saat ini. Apakah Anda membutuhkan makanan berat atau makanan ringan?

Leave a Reply