sumber: corona.sulutprov.go.id.
sumber: corona.sulutprov.go.id.

Di Sulut, 2 Orang Dinyatakan Positif Covid-19

MANADO, publikreport.com – Dua orang di Sulawesi Utara (Sulut) dinyatakan terkonfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), sehingga harus mendapat perawatan di rumah sakit.

Demikian update dari corona.sulutprov.go.id, Selasa 24 Maret 2020. Sementara data Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 367 dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 15 orang.

Apa yang dimaksud dengan ODP?

ODP adalah orang dengan gejala demam 38 derajat celsius (atau lebih) atau ada riwayat demam atau ada gejala gangguan pernapasan (batuk/pilek/sakit tenggorok/sesak tanpa Pneumonia) dan memiliki riwayat bepergian ke daerah yang diyakini ada penularan lokal dalam 14 hari terakhir sebelum timbul gejala.

Apa yang dimaksud PDP?

  1. Orang dengan gejala ISPA (demam 38 derajat celcius atau lebih atau ada riwayat demam dan disertai gejala gangguan pernapasan seperti batuk/pilek/sakit tenggorok/sesak) serta ada riwayat bepergian ke daerah yang diyakini ada penularan lokal dalam 14 hari terakhir sebelum timbul gejala.
  2. Orang dengan gejala demam 38 derajat celcius atau lebih atau riwayat demam atau ISPA (Infeksi Saluran Pernapsan Atas) dan dalam 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus positif Covid-19.
  3. Orang dengan ISPA berat atau pneumonia berat pada area dengan penularan lokal yang membutuhkan perawatan rumah sakit dan tidak ditemukan penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

Apa itu Covid-19?

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Virus baru dan penyakit yang disebabkannya ini tidak dikenal sebelum mulainya wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019.

Apa gejala Covid-19?

BACA JUGA: Covid-19, Kepala Daerah Diminta Siapkan Bantuan Sosial

Gejala-gejala Covid-19 yang paling umum adalah demam, rasa lelah, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare, Gejala-gejala yang dialami biasanya bersifat ringan dan muncul secara bertahap. Beberapa orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala apa pun dan tetap merasa sehat.

Sebagian besar (sekitar 80%) orang yang terinfeksi berhasil pulih tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari 6 orang yang terjangkit Covid-19 menderita sakit parah dan kesulitan bernafas.

Orang-orang lanjut usia (lansia) dan orang -orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung atau diabetes, punya kemungkinan lebih besar mengalami sakit lebih serius. Mereka yang mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas sebaiknya mencari pertolongan medis.

Leave a Reply