Dibanding Makassar, Sulut Masih Tertinggal
Steven OE Kandouw, Wagub Provinsi Sulut.

Dibanding Makassar, Sulut Masih Tertinggal

MANADO, publikreport.com – Pembangunan berbagai sektor di Sulawesi Utara (Sulut), menurut Wakil Gubernur (Wagub) Sulut, Steven OE Kandouw harus terus digenjot agar berkembang pesat. Hal ini dapat dilihat dari pembangunan jalan tol, berikut jalan lintas Sumatera Utara mupun tol lintas Kalimantan. “Sementara Sulut masih tertinggal,” ujarnya pada Konsultasi Regional Pulau Sulawesi Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembanguan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 di Hotel Peninsula, Manado, Senin 05 Agustus 2019.

Disparitas kesenjangan pertumbuhan ekonomi, kemiskinan dan kesenjangan penciptaan lapangan pekerjaan yang ada di seluruh Pulau Sulawesi, dijelaskan Steven.

Begitu juga dengan cara pandang kita tentang pembangunan road map infrastruktur. Di mana secara umum, Sulut belum begitu mantap. Harapan kami agar masalah infrastruktur ini menjadi perhatian Kementerian PPN/Bappenas,” tegasnya.

Mengenai pembangunan di Sulut, Steven mengatakan, ada pesan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey agar pembangunan infrastrukstur dapat memberikan dampak yang efektif dan efisien bagi rakyat.

Steven juga mengaku prihatin atas hubungan koordinasi instansi vertikal di Sulut. Menurutnya, sampai sejah ini instansi pusat yang ada di daerah cenderung jalan sendiri.

Sampai sekarang saya sebagai wakil gubernur yang sudah mau menyelesaikan masa jabatan tidak tahu orang-orang dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Demikian juga dari Kementerian Kelautan Perikanan, tidak pernah ada koordinasi. Memang betul ini istansi vertikal, tetapi wilayahnya kan ada di kabupaten/kota. Saya merasa pejabat kementerian pusat merasa ada di dunia lain, padahal ada di daerah kita,” bebernya.

Tinggalkan Balasan