PUBLIKREPORT.com

Dicoret Sebagai Penerima Bansos, James Cs Akan Memperkarakannya

INGIN BERITA DIBACAKAN: https://publikreport.com

TOMOHON, publikreport.com – Bantuan Sosial (Bansos) Tunai Tahap ke-10 bagi masyarakat terdampak Covid-19 (Coronavirus Disease 2019), mulai disalurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon. Bansos Tunai ini merupakan program Kementerian Sosial (Kemensos) yang disalurkan PT Pos Indonesia kepada penerima di kelurahan setempat.

Sayangnya, sejumlah warga penerima bantuan itu diduga namanya sudah tidak tercantum lagi sebagai penerima.

“Nama saya sekarang sudah ditiadakan sebagai penerima bansos. Saya tidak tahu apa penyebabnya. Padahal saya bukan penerima bantuan, seperti PKH (Program Keluarga Harapan) dan lainnya,” kata Novi Pangau, salah satu warga Kecamatan Tomohon Utara.

Dirinya bersama beberapa warga di Kecamatan Tomohon Utara, menurut Novi, telah membahas masalah ini dan bersepakat untuk menindak lanjutinya.

“Kami akan pertanyakan dasar apa yang mereka gunakan untuk mencoret kami yang sama sekali bukan penerima program bantuan lainnya. Ini bukan masalah uang tapi lebih pada soal rasa keadilan,” ujarnya.

James rekan Novi melanjutkan, mereka siap menempuh jalur keadilan.

“Kita akan lapor pihak yang bertanggung jawab atas pencoretan ini. Termasuk kita akan lapor pemerintah pada Ombusman,” tegas James yang dibenarkan Novi.

Terkait berkurangnya penerima, dijelaskan Lurah Kayawu, Ferry Pojoh, pemerintah kelurahan sama sekali tidak punya kewenangan untuk mengganti, apalagi mengurangi jumlah penerima Bansos.

“Data penerima itu dari pusat,” katanya.

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tomohon yang coba dikonfirmasi belum bisa ditemui.

“Kabid (Kepala Bidang) ndak ada. Nanti kita kasi tahu,” kata salah satu staf Dinsos Tomohon yang ditemui wartawan.

Kisah penerima bansos ini memang beragam. Berikut apa yang dialami wanita lanjut usia (lansia), Carolina Mamangkey (74), warga Lingkungan 2, Kelurahan Tinoor 1, Kecamatan Tomohon Utara.

“Sudah lima bulan terakhir ini saya tidak lagi menerima karena nama saya sudah tidak lagi diumumkan di Kelurahan. Padahal dari awal saya sudah menjadi penerima,” ungkap Carolina Mamangkey, saat bertemu wartawan di Kantor PT Pos Tomohon, kemarin.

Perempuan Lansia ini mengaku kebingungan, sampai akhirnya anaknya berinisiatif mengajaknya untuk bertanya ke Kantor PT Pos Tomohon.

“Ternyata kantor pos mengatakan bahwa saya masih penerima. Dan dana lima bulan itu boleh diambil. Mungkin dorang so ndak bilang akang karena kita da pilih Carol dan Wenny,” ujar Carolina.

Salah satu staf Kantor Pos Tomohon yang minta namanya jangan ditulis, menjelaskan, pihaknya menyalurkan dana sesuai data dari pusat.

“Data penerima dari pusat, dan nama-nama itu kami serahkan ke kelurahan untuk dibacakan atau disampaikan pada para penerima. Dan nama Oma Carolina masih tercatat sebagai penerima,” jelasnya.

Dijelaskannya, saat ini penerima Bansos Tunai terus mengalami pengurangan.

“Penerima Bansos Tunai Kemensos di seluruh Kota Tomohon berkurang sekitar 1.600-an penerima,” ungkapnya. | JOPPY WONGKAR

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Pembangunan Jalan Penghubung Desa Agotey dan Kayawu Dilanjutkan

Read Next

Joe Biden-Kamala Harris Resmi Jadi Presiden dan Wapres AS