Dilewati Jalan Tol, Warga Terima Pembayaran Ganti Rugi Makam
Warga antri menerima pembayaran ganti rugi makam yang dilewati jalan tol Manado-BItung. Pembayaran ganti rugi berlangsung di Kantor Desa Kawangkoan Baru Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara.

Dilewati Jalan Tol, Warga Terima Pembayaran Ganti Rugi Makam

AIRMADIDI, publikreport.com – Bertempat di Kantor Hukum Tua Desa Kawangkoan Baru Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dilakukan proses pembayaran ganti rugi atas lahan pekuburan umum. Pembayaran ganti rugi ini, pasalnya pekuburan ini ini dilewat proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung.

Sebanyak 73 makam yang terdiri dari 67 kuburan Kristen dan 7 kuburan muslim di Jaga XII Desa Kawangkoan Baru dibayarkan ganti rugi kepada keluarga masing-masing oleh pemerintah desa setempat, mewakili Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XI Manado, dengan dana bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Besaran pembayaran ditentukan oleh tim aparaisal/panitia. Keluarga menerima dengan besaran bervariasi mulai dari Rp100 ribu sampai dengan Rp17 juta.

BACA JUGA: Dilintasi Tol, 90 Makam Akan Dipindahkan

BACA JUGA: Menteri PUPR Minta Pembangunan Tol Manado-Bitung Dikebut

Setelah proses pembayaran ganti rugi, sesuai kesepakatan, pemerintah desa setempat juga akan memindahkan makam/kuburan ke lahan baru yang telah disediakan.

Pembayaran ganti rugi lahan pekuburan ini mendapat pengawasan dan pengawalan dari personil Kepolisian Sektor (Polsek) Airmadidi.

“Proses pembayayaran ganti rugi berjalan dengan lancar,” kata Kepala Polsek (Kapolsek) Airmadidi, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Edy Susanto. | RIZAL M