Ilustrasi.
Ilustrasi.

Dinkes: BPJS Kesehatan Telah Dibayar Hingga Desember

AIRMADIDI, publikreport.com – Meski Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Tahun Anggaran (TA) 2019 belum diketuk (disetujui DPRD), namun tidak menghambat pembayaran iuran Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI) oleh Pemerintah Kabupaten Minut.

Iuran BPJS Kesehatan bagi PBI tetap aman atau tidak ada tunggakan. BPJS Kesehatan aman karena pemerintah daerah telah membayarnya sampai dengan Desember. Sebab, iuran BPJS Kesehatan ini telah tertata di APBD induk TA 2019,” jelas Kepala Dinas (Dinkes) Kabupaten Minut, dr Harly Sompotan kepada wartawan Kamis 26 September 2019.

Pada tahun 2019 ini, menurut Harly, Pemerintah Kabupaten Minut telah menyiapkan anggaran untuk BPJS Kesehatan sebesar kurang lebih Rp14 miliar untuk 55.800 jiwa penerima bantuan iuran yang ada di Kabupaten Minut. Dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, peserta hanya bisa menggunakan pelayanan kelas 3 dalam BPJS Kesehatan.

BACA JUGA: Miliaran Rupiah Tunggakan BPJS di RSUD Walanda Maramis

BACA JUGA: Tanggulangi BPJS Pemkab Rogoh Rp1,28 M/Bulan

BACA JUGA: RSUD Anugerah Tomohon Belum Terima Pasien BPJS

“Data penerima bantuan BPJS ini sesuai data warga miskin yang ada di Dinas Sosial dan Pemberdasyaan Masyarakat Minut,” ujarnya.

Anggaran pembayaran bantuan kesehatan ini, Harly mengungkapkan, akan berubah pada TA 2020 mendatang. Sebab biaya iuran pada tahun depan akan naik, tinggal tunggu penetapan dari pemerintah pusat. | GLENLY B

Leave a Reply