Octavianus Tooy, Kepala Dinperkim Kabupaten Minut.
Octavianus Tooy, Kepala Dinperkim Kabupaten Minut.

Dinperkim: Jangan Sembarang Pasang Lampu Jalan

AIRMADIDI, publikreport.com – Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (Dinperkim) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Octavianus Tooy menyesalkan tindakan salah satu developer perumahan yang memasang lampu jalan – dengan menggunakan jaringan listrik PT PLN) tanpa berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

“Seharusnya developer itu menyurat ke pemerintah daerah saat memasang lampu jalan. Sebab bukan tidak mungkin jika lampu jalan itu biaya listriknya akan dibebankan ke pemerintah,” ungkap Octavianus kepada wartawan, Kamis 31 Oktober 2019.

Di Kabupaten Minut, khususnya wilayah Kecamatan Kalawat, Dimembe dan Talawaan, Octavianus mengatakan, merupakan daerah paling banyak dibangun kompleks perumahan. Kemungkinan besar, setiap jalan yang ada di kompleks perumahan itu menggunakan lampu jalan yang disambungkan langsung ke aliran listrik PT PLN (Perusahaan Listrik Negara).

“Kami sudah turun melakukan pendataan berapa banyak lampu jalan yang ditangani oleh pemerintah, baik di kompleks perumahan maupun di perkampungan dan jalan umum. Sekaligus juga mengecek kerusakan lampu jalan,” katanya.

BACA JUGA: Enos: Tahun Ini Tomohon Terang-Benderang

Selain developer, Octavianus meminta, masyarakat Minut juga jangan sembarangan memasang lampu jalan. Sebab pemasangan tanpa menggunakan tenaga manusia yang ahli dalam kelistrikan bisa menimbulkan kecelakaan dan bencana lainnya.

“Masyarakat juga harus melapor dan meminta kami yang memasang agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan banyak orang. Sebab kami memiliki tenaga teknis untuk kelistrikan,” ujarnya. | GLENLY B

Leave a Reply