You are currently viewing DinsosPMD Akui Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa Lemah
Bobby Najoan, Kepala DinsosPMD Kabupaten Minut.

DinsosPMD Akui Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa Lemah

AIRMADIDI, publikreport.com – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DinsosPMD) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mengakui jika pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa di 125 desa di Minut, belum maksimal atau lemah. Untuk itu diharapkan agar Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bisa ikut mengawal transparansi anggaran desa.

“BPD berfungsi sebagai pengawasan dan jangan seperti macan ompong. Sebab pada tahun 2015 hingga 2017, hampir 100 desa yang dilaporkan ke Kejari (Kejaksaan Negeri) dan Polres (Kepolisian Resort). Namun saya tidak tahu laporan tahun 2018 hingga 2019 ini sudah berapa yang dilaporkan,” tegas Kepala DinsosPMD Kabupaten Minut, Bobby Najoan dalam kegiatan peningkatan kapasitas BPD terkait pengawasan pengelolaan keuangan desa di pendopo Kantor Bupati Minut, Kamis 14 November 2019.

Lemahnya pengawasan ini, diakui Bobby, tidak hanya dilakukan oleh BPD, namun juga instansi terkait yakni Inspektorat dan Dinsos PMD Minut.

“Kalau sudah maksimal, tidak mungkin ada laporan lagi di lembaga hukum,” ungkapnya.

Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minut, Jane Simons mengatakan kegiatan ini memiliki arti yang sangat strategis dalam pencapaian tujuan kebijakan dan program pengawasan pengelolaan keuangan serta penyusunan peraturan desa dan etika pemerintahan.

“Fenomena selama ini menunjukkan bahwa pengawasan pengelolaan keuangan dan penyusunan peraturan yang ada di desa, dalam pelaksanaannya belum maksimal. Untuk itu sangat baik dilaksanakan kegiatan ini,” katanya.

Dengan adanya kegiatan ini, Jane berharap, pemerintah desa dapat lebih meningkatkan profesionalisme dan kinerjanya, yang meliputi seluruh kegiatan yang tertuang dalam peraturan desa yang dibuat oleh pemerintah desa dan disetujui BPD.

“Tindaklanjuti kebijakan pemerintah Minut dalam rangka terlaksanakan pemerintah desa yang mandiri serta mengembangkan kehidupan bermasyarakat lewat kegiatan yang dibuat pemerintah desa,” tegasnya.

Kegiatan yang akan dilaksanakan hingga Jumat 15 November 2019 ini, melibatkam seluruh pengurus BPD semua desa di Minut serta para Hukum Tua (Kumtua) dari 125 desa. | GLENLY B

Leave a Reply