Kabut tebal menyelimuti ruas jalan raya Tomohon-Rurukan Kecamatan Tomohon Timur. Gambar diambil di jalan mendekati tanjakan perkebunan Tumaraktak. (Foto: publikreport.com)
Kabut tebal menyelimuti ruas jalan raya Tomohon-Rurukan Kecamatan Tomohon Timur. Gambar diambil di jalan mendekati tanjakan perkebunan Tumaraktak. (Foto: publikreport.com)

Dipenuhi Kabut, Hati-hati Melewati Jalan Tomohon-Rurukan

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Cuaca buruk melanda Kota Tomohon, Senin 05 Februari 2018. Sejak pagi hingga malam hari hujan turun. Malah dibeberap wilayah kabut menutupi, sehingga pandangan mata menjadi terbatas.

Bagi pengendara kendaraan bermotor roda dua dan empat yang melintasi ruas jalan Tomohon-Rurukan diminta supaya berhati-hatian. Pasalnya, kabut cukup tebal menyelimuti jalanan dan perkebunan.

“Dibeberapa titik jarak pandang hanya berkisar sepuluh meter,” kata Selvi, warga Kumelembuai yang rutin melewati jalan tersebut.

Banyak Safety Mirror di Tomohon yang Hilang dan Rusak

Dengan jarak pandang yang terbatas ini, tambah Danny, warga Rurukan, diperlukan kehati-hatian ketika berkendara.

Kendaraan bermotor roda dua dan empat yang melintasi jalan tersebut diminta agar memasang lampu.

Di Rurukan Bakal Ada Hotel
Tanah Rurukan Milik Siapa?

Jalan tersebut makin berbahaya di cuaca ekstrim dan penuh kabut seperti, sebab rerumputan di kiri dan kanan jalan raya tumbuh subur tidak pernah dipangkas lagi. Akibatnya, jalan seakan makin mengecil dan jarak pandang juga makin terbatas.

Kaya Hortikultura, Sebagian Petani Rurukan Kini Hanya Penggarap
Petani Rurukan Berharap Pertanian Lebih Baik Lagi

“Biasanya jalan ini rutin dibersihkan. Tapi entah mengapa tahun ini rerumputan di pilah-pilah jalan ini sudah tidak pernah dipangkas lagi,” kata Romi, salah satu petani.

Selain itu, warga yang beraktivitas di luar rumah diimbau agar waspada terjadinya tanah longsor dan pohon tumbang. EDELWEISS CT

Leave a Reply