Dokter Spesialis Akan Ditempatkan Hingga Daerah Terpencil
Ilustrasi.

Dokter Spesialis Akan Ditempatkan Hingga Daerah Terpencil

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), pada 14 Mei 2019, telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 31 Tahun 2019 tentang Pendayagunaan Dokter Spesialis. Perpres ini dengan pertimbangan pemenuhan pelayanan kesehatan spesialistik dilakukan melalui pemerataan dokter spesialis di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam Perpres itu disebutkan, menteri – yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan – menetapkan kebijakan dan menyusun perencanaan kebutuhan dan distribusi dokter spesialis secara nasional dan berkala. Perencanaan sebagaimana dimaksud disusun secara berjenjang mulai dari rumah sakit, pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota dan pemerintah pusat berdasarkan ketersediaan dan kebutuhan dokter spesialis.

Perencanaan sebagaimana dimaksud harus memperhatikan:

a. jenis, jumlah, pengadaan, dan distribusi dokter spesialis;

b. penyelenggaraan upaya kesehatan;

c. ketersediaan Rumah Sakit;

d. ketersediaan anggaran;

e. kondisi geografis dan sosial budaya;

f. kebutuhan masyarakat.

Adapun pengadaan dokter spesialis, menurut Perpres ini, dilakukan melalui pendidikan profesi program dokter spesialis yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, dengan cara memberikan bantuan pendanaan pendidikan melalui fakultas kedokteran dan rumah sakit yang menyelenggarakan pendidikan profesi program dokter spesialis.

Pendidikan profesi program dokter spesialis sebagaimana dimaksud diikuti oleh:

a. mahasiswa penerima Bantuan Biaya pendidikan secara langsung;

b. mahasiswa penerima Bantuan Biaya pendidikan secara tidak langsung.

Tinggalkan Balasan